Format Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris (British/American)

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional dimana setidaknya banyak orang bisa, meskipun hanya dasar-dasarnya atau bahasa Inggris untuk penggunaan sederhana. Nah, untuk Anda yang bekerja dan berkutat dengan dokumen setidaknya pasti pernah menggunakan bahasa Inggris sederhana sehari-hari seperti misalnya penulisan tanggal dalam Bahasa Inggris.

Pertanyaannya, apakah ada perbedaan antara penulisan tanggal dengan menggunakan bahasa Inggris dengan penulisan tanggal dalam bahasa Indonesia? Tentu saja ada karena biasanya penulisan tanggal dengan menggunakan format bahasa Inggris adalah penulisan yang sudah berstandar internasional.

Pasti banyak yang bertanya-tanya tentang apa perbedaan penulisan tanggal dalam bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Ya, karena dalam Bahasa Indonesia biasanya lebih dikenal format penulisan tanggal hanya menggunakan 1 format penulisan saja, yaitu dimulai dengan tanggal, kemudian diikuti dengan bulan dan terakhir tahun. Format ini tetap sama meskipun penulisannya menggunakan angka, huruf maupun campuran antara angka dan huruf.

Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris untuk British dan American

Format Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris

Hal berbeda terjadi dalam penulisan tanggal dalam Bahasa Inggris. Di dalam format penulisan dengan menggunakan Bahasa Inggris, ada beberapa format penulisan yang harus Anda ketahui. Setidaknya ada 2 cara penulisan tanggal dengan menggunakan format bahasa Inggris yang harus Anda ketahui.

Kedua jenis format penulisan ini dilakukan berdasarkan style English yang umumnya dikenal masyarakat non pembicara bahasa Inggris, yaitu dengan cara British dan American. Lalu bagaimana perbedaan penggunaan keduanya?

Sebelum mengetahui format penulisan tanggal berdasarkan style English British ataupun American, terlebih dahulu Anda juga harus tahu, aturan-aturan penulisan tanggal dalam Bahasa Inggris.

Bagi pembicara berbahasa Inggris pasti sudah tahu jika dalam penulisan tanggal dalam Bahasa Inggris dibedakan berdasarkan beberapa hal, yaitu diantaranya adalah kesopanan, formalitas dan pilihan pribadi atau preferensi masing-masing orang. Bagaimana cara penulisannya? Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris dengan Format Formal

Cara penulisan tanggal yang pertama dalam dengan format formal. Anda setidaknya harus bisa membedakan masing-masing format dan penggunaannya agar nantinya saat Anda menggunakannya tidak salah kapan menggunakan format formal atau non formal. Seperti namanya, format ini biasanya digunakan untuk kebutuhan dan situasi resmi seperti untuk undangan pernikahan, surat-surat resmi, surat pemerintahan maupun jenis-jenis surat resmi lainnya.

Format penulisannya antara style English dan American pun berbeda.

  • Untuk penulisan dengan style British format penulisannya adalah date (tanggal) – month ( bulan)- year (tahun).
  • Sedangkan untuk style American, penulisannya menggunakan format month (Bulan)- day ( hari)- year (tahun).

Seperti contoh penulisan tanggal dalam Bahasa Inggris dengan format British berikut:

  • The twenty first of May, 2019.

Dari contoh tersebut bisa dijelaskan untuk penulisan British, format penulisannya diawali dengan tanggal, bulan kemudian tahun. Dimana dalam menulis tanggal menggunakan bilangan bertingkat dalam bahasa inggris dengan penambahan artkel ‘the’ di depannya.

Baca juga : Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal

Cara penulisan yang berbeda digunakan dalam penulisan tanggal dengan menggunakan style bahasa Inggris American. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, untuk penulisan American, formatnya diawali dengan bulan, hari, terakhir tahun. Seperti contohnya:

  • May the twenty first, 2019.

Penjelasannya hampir sama dengan penulisan menggunakan style British dimana sebelum menuliskan hari harus menggunakan bilangan bertingkat seperti first, second, third dan seterusnya. Serta, sebelum penulisan hari tersebut harus disertai dengan penggunaan artikel ‘the’. Sedangkan untuk tahun, berada di belakang dengan tanda koma sebelum penulisan tahun.

Contoh Penulisan tanggal bahasa inggris

2. Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris dengan Format Tidak Terlalu Formal

Format penulisan tanggal selanjutnya adalah format tidak terlalu formal. Format ini biasanya lebih banyak digunakan karena bisa menunjukkan penghormatan meskipun dalam situasi atau keadaan tidak formal. Penulisan tanggal dengan format ini biasanya atau bisa Anda gunakan dalam penulisan surat lamaran kerja.

Sama seperti sebelumnya, format penulisannya juga berbeda antara format penulisan dengan style British dengan penulisan dengan style American.

  • Untuk penulisan dengan style British, format penulisannya adalah day-month-year atau hari, bulan kemudian diikuti dengan tahun.
  • Sedangkan dalam style American, format penulisannya adalah month-day-year atau bulan, hari dan diikuti dengan tahun.

Contoh penulisan tanggal dalam Bahasa Inggris Britis dengan format atau situasi tidak terlalu formal, misalnya:

  • 21st May, 2019.

Berbeda dengan penulisan untuk situasi formal, untuk situasi tidak terlalu formal ini penulisan tanggal menggunakan bentuk angka dengan jenis angka yang digunakan tetap menggunakan bilangan bertingkat. Kemudian, diikuti dengan nama bulan yanh ditulis dengan huruf setelah itu diikuti dengan tahun dengan penggunaan tanda koma (,) sebelum menulis tahun.

Sedangkan untuk penulisan tanggal berbahasa Inggris dengan style American adalah month-datly-year atau bisa dikatakan dimulai dengan menulis bulan, kemudian diikuti dengan tanggal atau hari dan diakhiri dengan menulis tahun. Contoh penulisannya adalah

  • May 21st, 2019.

Dalam penulisan dengan format ini, selain penggunaan angka yang menggunakan bilangan bertingkat, perbedaannya adalah pada penulisan hari menggunakan yang ditulis dengan angka dan juga tidak adanya artikel ‘the’ dalam penyebutan format hari.

Cara Menulis Tanggal dalam Bahasa Inggris

3. Penulisan Tanggal dengan Menggunakan Format Kurang Formal

Format selanjutnya yang bisa digunakan untuk menulis tanggal dalam Bahasa Inggris adalah formal kurang formal. Seperti namanya, format penulisan ini digunakan dalam situasi atau untuk kebutuhan non-formal. Misalnya digunakan dalam penulisan surat pribadi, memo ataupun surat bisnis yang sifatnya lebih personal.

  • Format penulisannya juga sama dengan sebelumnya dimana jika menggunakan style British formatnya adalah day-month-year sedangkan ketika menggunakan style American, format penulisannya dimulai dengan month-day-year.

Perbedaan penulisannya adalah jika pada situasi formal sepenuhnya menggunakan huruf dan pada situasi tidak terlalu formal menggunakan campuran angka dan huruf, maka dalam situasi kurang formal ini sepenuhnya menggunakan angka.

  • Contoh penulisan tanggal dalam British misalnya adalah 21/5/2019.

Bisa dilihat dalam format penulisan ini sepenuhnya menggunakan angka dimana masing-masing antara hari, bulan dan tahun dipisahkan dengan tanda garis miring (/).

  • Sedangkan contoh penulisan tanggal untuk style American adalah 5/21/2019.

Seperti format penulisan tanggal American secara umum yanh dimulai dengan bulan, hari dan tahun namun kali ini sepenuhnya menggunakan angka.

4. Format Penulisan Tanggal untuk Situasi Formal maupun Non-Formal

Yang terakhir adalah format multifungsi yang sering digunakan baik dalam situasi formal maupun tidak formal. Sama seperti sebelumnya untuk penulisan British dimulai dengan hari, bulan dam tahun. Sedangkan untuk penulisan American dimulai dengan bulan, hari dan tahun.

Penulisan format ini juga menggunakan angka sepenuhnya. Bedanya ada pada penulisan tahun, dimana jika format sebelumnya tahun ditulis lengkap seperti ‘2019’ atau ‘2015’, maka dalam penulisan format ini tahun ditulis lebih ringkas, yaitu ’19’ atau ’15’.

  • Contoh penulisannya dalam British misalnya 21/5/19.
  • Sedangkan untuk penulisan American, contohnya 5/21/19.

Nah, itulah tadi berbagai format penulisan tanggal dalam Bahasa Inggris yang digunakan dalam berbagai situasi. Situasi yang dimaksud adalah situasi, baik formal, tidak terlalu formal, tidak formal, maupun keduanya. Dengan penjelasan ini Anda kini pun bisa membedakan penulisan tanggal Bahasa Inggris untuk berbagai situasi, baik dengan style Britis maupun American.

Leave a Reply