Cara Memulihkan Akun saat Lupa Password Gmail

Bagi beberapa orang, email adalah hal yang penting karena mungkin sana bisa menunjang dalam hal pekerjaan. Namun bagaimana jadinya jika pengguna lupa passowrd email sehingga tidak bisa mengaksesnya? Kalau begitu cobalah cara mengatasi lupa password gmail yang akan dijelaskan berikut.

Lupa password pada beberapa akun seperti akun sosial media atau akun email mungkin sudah biasa terjadi pada setiap orang. Hal ini bisa terjadi karena akun tersebut terlalu lama tidak diakses. Kalau seperti itu pasti akan sangat merepotkan. Apalagi jika yang lupa password adalah email.

Tak perlu khawatir, Anda tetap bisa mengakses email Anda tersebut, meskipun lupa password. Hal ini karena ada cara dan langkah tertentu yang bisa Anda lakukan saat lupa password gmail untuk memulihkannya kembali.

Reset Password Email dengan Nomor Telepon Pemulihan

Cara pertama yang bisa Anda lakukan ketika lupa password gmail adalah mereset atau mengatur ulang passowrd email Anda. Cara ini cukup mudah dilakukan, asalkan saat pertama kali mendaftar Anda juga mendaftarkan nomor tersebut.

Tak hanya saat pertama mendaftar, ketika Anda login ke akun email Anda, biasanya juga akan ada pilihan untuk memasukkan nomor hp sebagai salah satu pemulihan. Nah, apabila Anda lupa tidak memasukkan nomor ponsel saat pertama kali mendaftar, pilihan ini harus Anda manfaatkan.

Mendaftarkan nomor ponsel Anda sebagai nomor pemulihan sangat penting karena nantinya saat Anda lupa password gmail, Anda bisa menggunakannya untuk mereset passsword lama. Dengan begitu Anda bisa masuk ke akun gmail dengan password baru.

Nah, untuk memulihkan kembali akun Anda saat lupa passwrd gmail, berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti.

1. Masuk ke Email dari Browser

Langkah pertama untuk memulihkan akun gmail yang lupa password adalah masuk dulu atau login ke email Anda melalui browser. Saat Anda mengakses email dari browser, Anda akan langsung dialihkan ke halaman untuk login.

Masuk ke Email dari Browser

Anda akan diminta untuk memasukkan alamat email terlebih dahulu. Selanjutnya klik pada tombol ‘Next’ yang ada bagian kanan bawah. Maka selanjutnya, Anda akan dialihkan ke halaman untuk mengisi password.

2. Masukkan Password

Saat di halaman ini Anda akan diminta untuk memasukkan password. Nah, jika Anda lupa password gmail, Anda maka klik saja pada pilihan ‘Forgot Password’. Jika sudah maka Anda akan dialihkan ke halaman lain. Di halaman ini akan ada kolom untuk mengisikan password.

Masukkan Password Gmail

Disini Anda bisa mencoba mengingat-ingat dan masukkan password yang Anda ingat. Namun ketika dimasukkan tidak bisa, Anda bisa masuk ke tahap selanjutnya. Klik pada menu ‘Try Another Way’ atau ‘Coba cara lain’.

3. Masukkan Nomor Telepon

Selanjutnya, setelah Anda klik pada menu ‘Coba Cara Lain’ Anda akan langsung dialihkan ke halaman untuk memulihkan email melalui nomor telpon. Inilah fungsinya memasukkan nomor telepon dalam data pribadi ketika Anda pertama kali mendaftar. Dengan begitu, ketika Anda lupa password Gmail bisa digunakan untuk pemulihan.

Masukkan Nomor Telepon Pemulihan

Pada halaman ini Anda akan melihat tampilan kolom untuk mengisikan nomor telpon Anda. Isikan dengan benar, lalu klik pada tombol ‘Send’ atau ‘Kirim’.

4. Dapatkan dan Masukkan Kode Verifikasi

Setelah memasukkan nomor telpon, pesan berisi kode verifikasi akan dikirim ke nomor tersebut. Tunggu beberapa saat sampai Anda mendapatkan pesan kode Verifikasi di nomor yang Anda masukkan tadi.

Setelah mendapatkan kode verifikasi tersebut, segera masukkan ke kolom verifikasi yang sudah disediakan. Setelah pada tahap sebelumnya Anda klik tombol ‘Send’, maka halaman akan langsung beralih ke halaman memasukkan kode verifikasi.

Masukkan Kode Verifikasi Email

Pada halaman ini akan tertulis alamat email Anda, kemudian di bawahnya akan ada kolom untuk memasukkan kode verifikasi. Isikan pada kolom ‘Enter the code’. Jika sudah, klik pada tombol ‘Next’.

5. Ganti Password

Selanjutnya, karena Anda lupa password Gmail, maka langkah berikutnya ini adalah tahap dimana Anda akan diminta untuk memasukkan password baru untuk login ke akun email Anda. Setelah klik ‘Next’ akan langsung dialihkan ke halaman mengganti password.

Isikan password untuk login Anda minimal 8 karakter, konfirmasikan password tersebut dengan mengetikkan ulang di kolom di bawahnya. Jika sudah klik pada tombol ‘Change Password’.

ganti lupa password gmail

Jika semua tahap tersebut sudah dilaksanakan, maka password di akun gmail Anda pun sudah terganti. Dengan begitu Anda bisa login ke akun Anda dengan password tersebut.

Baca juga : Cara Aktivasi Windows 7 Terbaru, Dijamin Permanen

Reset Password Email dengan Email Pemulihan

Ada cara lain yang bisa Anda gunakan untuk mereset password jika Anda lupa password Gmail. Selain menggunakan nomor telepon, pemulihan akun Gmail juga bisa dilakukan dengan menggunakan email lain. Cara pemulihannya juga tidak beda jauh dengan sebelumnya.

1. Masuk ke Akun Gmail

Pertama sama seperti sebelumnya, Anda harus masuk ke akun gmail terlebih dahulu dan masukkan alamat email. Saat masuk pada tahap memasukkan password, klik pada ‘coba cara lain’. Disinilah bedanya.

Jika sebelumnya Anda bisa memilih pemulihan melalui sms atau telpon, pada cara ini yang harus Anda pilih adalah pada pilihan ‘saya tidak memiliki ponsel’. Setelah memilih pilihan ini, Anda akan langsung dialihkan pada tampilan pemulihan akun melalui email lain.

Masuk ke Akun Gmail

Untuk melakukan cara ini, sebelumnya Anda juga harus mendaftarkan email kedua ini saat Anda mendaftar pertama kali. Jika belum, saat Anda mengakses nantinya akan ada pilihan ini, pastikan Anda memanfaatkan layanan ini.

Pada tahap ini, jika Anda sudah memasukkan email untuk pemulihan, maka Anda tidak perlu menuliskan ulang email tersebut. Kode verifikasi akan langsung dikirimkan ke alamat email tersebut.

lupa password gmail

2. Cek Kotak Masuk Email dan Masukkan Kode Verifikasi

Dengan memasukkan alamat email pemulihan saat pertama kali mendaftar, maka saat Anda lupa password gmail, Anda akan lebih mudah untuk melakukan pemulihan. Nah, tahap selanjutnya, cek inbox di email pemulihan Anda dan dapatkan kode verifikasinya.

lupa password gmail Android

Jika sudah mendapatkannya, masukkan kode verifikasi tersebut ke kolom yang sudah disediakan. Selanjutnya klik pada tombol ‘Berikutnya’.

3. Ganti Password Baru

Setelah itu Anda akan dialihkan ke halaman untuk mengganti password baru. Lakukan seperti cara sebelumnya. Masukkan password baru Anda yang terdiri 8 karakter, ulangi mengisi password di kolom di bawahnya. Terakhir klik pada tombol ‘Berikutnya’.

ganti lupa password email

Terakhir tinggal ikuti kebijakan privasi yang diberikan oleh Google, lalu klik pada tombol ‘saya setuju’  pada kolom yang disediakan. Setelah itu, proses pemulihan akun Anda pun sudah selesai. Dan kini Anda bisa membuka kembali akun email yang mana Anda lupa password Gmail sebelumnya.

Kebijakan lupa password gmail

Email adalah layanan komunikasi yang bagi sebagian orang sangat penting karena bisa jadi merupakan media untuk berkomunikasi dan berbisnis. Lantas bagaimana jika kemudian Anda lupa password untuk mengakses email tersebut? Pasti akan sangat menghambat pekerjaan Anda.

Untuk mengatasinya, cara memulihkan akun Gmail saat Anda lupa password bisa mengikuti langkah-langkah di atas. Dengan begitu Anda bisa mengakses kembali email Anda seperti semula.

Leave a Reply