Jenis-Jenis Fotografi Populer yang Penting untuk Diketahui Pemula

Siapa yang tidak mengenal dunia fotografi, tentu semua orang mengetahuinya dengan baik tentang dunia ini. Bahkan beberapa orang telah menggeluti dunia ini sebagai hobi. Secara pengertian fotografi berarti proses melukis sebuah objek dengan menggunakan media cahaya.

Fotografi juga bisa diartikan sebuah proses pengambilan gambar sebuah objek karena pantulan cahaya matahari. Terdapat jenis-jenis fotografi yang harus Anda ketahui untuk memperdalam ilmu fotografi Anda.

Bagi Anda yang ingin memperdalam ilmu fotografi tentu wajib untuk mengetahui apa saja jenis-jenisnya. Hal tersebut memudahkan Anda untuk memperdalam ilmu yang akan Anda pelajari.

Terdapat juga berbagai teknik dalam setiap jenis fotografi untuk bisa menghasilkan gambar dengan kualitas terbaik. Karena dunia fotografi merupakan salah satu cabang seni dimana ketika menekuninya Anda harus memiliki rasa untuk menghasilkan foto yang berbeda dan menarik.

Penjelasan dari Jenis-jenis Fotografi

Dengan mengetahui jenis-jenis fotografi maka Anda bisa menentukan gaya mana yang akan digunakan sebagai karakteristik. Dengan begitu Anda bisa lebih fokus dan menekuni salah satu gaya yang disukai. Berikut penjelasan tentang beberapa jenis fotografi yang harus diketahui.

  • Potraits Photography

Jenis Potraits Photography

Jenis fotografi yang satu ini merupakan gaya foto yang memfokuskan terhadap pengambilan gambar pada objek orang atau kelompok orang secara zoom. Dimana ruang lingkup pada foto yang dihasilkan lebih kecil dan hanya menitik beratkan pada objeknya.

Tujuan dari penggunaan jenis fotografi ini adalah untuk menampilkan rupa, menekankan kepribadian bahkan memperlihatkan mood dari seorang objek pada saat pengambilan foto.

Meskipun bisa memasukan bagian atau seluruh tubuh dalam frame, namun biasanya jenis fotografi ini hanya akan fokus pada bagian wajah saja. Sebuah potret biasanya menghasilkan foto seseorang dengan menghadap ke kamera.

Subjek yang biasanya digunakan dalam fotografi ini biasanya berupa anggota keluarga, acara ulang tahun dan sebagainya. Biasanya jenis foto ini akan digunakan sebagai koleksi pribadi.

  • Wedding Photography

Contoh Wedding Photography

Salah satu jenis-jenis fotografi yang banyak dibutuhkan oleh kebanyakan orang adalah wedding fotografi. Dimana jenis fotografi ini berfokus pada jalannya sebuah acara yang dianggap penting dan juga sakral. Biasanya pengambilan gambar dilakukan sebagai kenang-kenangan untuk momen indah yang sedang berlangsung.

Selain pada saat acara, biasanya pasangan pengantin akan mengadakan sesi foto prawedding. Dimana pemotretan tersebut dilakukan untuk menjelaskan bagaimana perjalanan cinta yang sudah dilalui keduanya dan bagaimana perasaan mereka ketika menyambut hari bahagianya.

Untuk dapat mengambil foto dengan jenis ini diperlukan orang yang profesional dan sangat kreatif. Karena tentunya setiap pasangan ini mengabadikan momennya dengan tema yang sesuai. Sehingga fotografer harus mengarahkan pasangan pengantin dalam pengambilan foto prawedding.

Kecerahan warna dan fokus wajah sangat diperlukan untuk menghasilkan foto terbaik. Selain itu pose juga sangat penting dalam foto ini karena akan membuat foto semakin bagus dan menawan.

  • Fashion Photography

Fashion Photography

Jenis-jenis fotografifashion biasanya akan menampilkan objek berupa berbagai fashion seperti celana atau pakaian. Biasanya pada onlineshop akan dibutuhkan jenis fotografi ini. Karena ketika Anda memajang jualan yang berupa fashion itu harus menarik pelanggan.

Hal tersebut juga bisa dijadikan sebagai strategi bisnis yang ampuh. Selain itu biasanya untuk berbagai majalah yang memfokuskan pada fashion fotografer jenis ini tentu akan sangat dibutuhkan.

Karena dalam setiap fashion yang dipotretnya terdapat beberapa daya tarik eksostis yang harus dipacarkan dalam gambar. Sehingga orang yang melihatnya akan merasa tertarik.

Jenis fotografer ini dinilai paling menguntungkan karena disamping dapat memperdalam hobi Anda maka bisa juga membantu untuk menghasilkan pendapatan dengan bekerja sama dengan berbagai brandfashion.

  • Food Photography

Contoh Hasil Food Photography

Jenis-jenis fotografi yang satu ini merupakan salah satu jenis yang disukai oleh para pecintakuliner. Biasanya fotografer yang suka mengexplore berbagai jenis makanan dari setiap daerah akan cocok memilih gaya ini. Karena biasanya fotografer akan mengabadikan segala makanan yang akan dicobanya. Hal tersebut dijadikan sebagai referensi untuk orang lain agar tertarik untuk mencobanya juga.

Dalam hal ini sangat diperlukan teknik yang baik. Karena tidak semua orang bisa menemukan angle yang bagus untuk makanan. Sehingga dibutuhkan latihan yang cukup sering untuk memahami hal tersebut.

Fotografer yang memiliki keterampilan pada jenis ini akan banyak dicari oleh produsen makanan, hotel dan lain sebagainya. Karena nantinya akan membantu proses pembuatan bungkus makanan dari objek aslinya.

  • Street Photography

Street Photography

Pemilihan jenis-jenis fotografi yang tepat haruslah Anda tentukan untuk dapat mengetahui potensi diri dan kesukaan. Karena jiwa seseorang tentu akan berbeda-beda sehingga tentunya setiap orang juga memiliki minat dan bakat yang berbeda. Untuk menampilkan karya seni yang menarik maka sebaiknya pilihlah yang sesuai dengan karakteristik Anda.

Steeet photo biasanya menggunakan frame kehidupan sehari-hari. Sehingga biasanya berbagai aksi budaya ataupun acara jalan sehat akan menjadi salah satu objek terbaik untuk pengambilan street foto ini. Karena memang ini dari foto ini harus berfokus pada kejadian sehari-hari yang dilakukan oleh sekelompok orang.

Selain itu mengabadikan momen, jenis foto ini juga digunakan sebagai gambaran dari kegiatan sehari-hari yang dilakukan. Dengan melihat foto tersebut orang menjadi ikut merasakan apa yang terjadi pada foto tersebut.

  • Commercial Advertising Photography

Commercial Advertising Photography

Jenis-jenis fotografi yang satu ini merupakan teknik pengambilan gambar yang dipadukan dengan editor komputer untuk dapat menghasilkan sebuah gambar yang lebih menarik untuk sebuah iklan atau promosi. Dalam promosi atau iklan Anda harus menuangkan berbagai ide menarik untuk memperkenalkan produk yang dipasarkan.

Karir sebagai fotografer jenis ini juga sangat menjanjikan karena setiap produk tentu akan membutuhkan promosi dan iklan agar mampu dikenal oleh masyarakat pada umumnya. Iklan harus memiliki konsep yang unik dan mempunyai komposisi warna yang enak untuk dilihat.

  • Landscape Photography

Hasil Landscape Photography

Jenis fotografi landscape ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki jiwa petualang. Karena biasanya orang yang senang mengexplore berbagai tempat wisata akan gemar mengabadikan gambar panorama indah yang dikunjunginya. Dengan mengambil foto secara landscape maka fotografer memiliki banyak ruang untuk menunjukkan keindahan dari foto jepretannya. Sehingga teknik ini akan sangat cocok bagi Anda yang menyukai pemandangan.

Tipe foto yang dihasilkan dari jenis fotografi ini biasanya akan digunakan untuk kalender, kartu pos atau buku memori. Untuk menonjolkan keindahan dari pemandangan yang dilihat maka foto yang dihasilkan harus memiliki karakter tersendiri. Untuk mendapatkan hal tersebut penting bagi Anda untuk mempelajari berbagai teknik yang bisa mendukung hobi.

Itulah beberapa jenis-jenis fotografi yang harus Anda pahami untuk memastikan gaya mana yang cocok untuk diri sendiri. Karena setiap fotografer harus memiliki karakter tersendiri yang membuat dirinya berbeda dengan fotografer yang lainnya. Hal tersebut bisa menentukan kemampuan spesialis apa yang dimiliki oleh seorang fotografer dan tentunya ini merupakan daya tarik yang harus dimiliki oleh setiap fotografer.

Leave a Reply