Rangkaian Tata Cara Wudhu, Doa Setelah Wudhu dan Keutamaannya

Wudhu adalah kegiatan yang harus dilakukan oleh setiap umat muslim sebelum melaksanakan sholat atau ibadah lainnya. Wudhu ini berfungsi untuk menyucikan hadas kecil sehingga ketika sholat bisa tetap dalam keadaan suci.

Untuk melaksanakannya ada tata cara yang harus diikuti, termasuk membaca doa sebelum dan doa setelah wudhu. Selain itu, tata cara berwudhu yang sudah diatur untuk agar berurutan sesuai dengan urutan yang benar sesuatu sunah.

doa sesudah wudhu

Kegiatan wudhu adalah kegiatan yang wajib dilakukan sebab wudhu yang merupakan kegiatan mensucikan diri dari hadad kecil adalah salah satu syarat sah sholat. Karena itu jika tidak berwudhu maka tidak akan sah sholatnya.

Dalam beberapa sumber menyebutkan jika wudhu memang tidak termasuk di dalam rukun wudhu. Namun, membaca doa sebelum maupun doa setelah wudhu memberikan banyak keutamaan, maka sangat dianjurkan untuk dilakukan dalam rangkaian berwudhu.

Tata Cara Wudhu dan Syarat Sahnya, Sempurnakan dengan Doa Setelah Wudhu

Kata wudhu sendiri menurut bahasa bisa diartikan sebagai indah atau bersih. Sedangkan menurut arti syara atau istilah bisa dimaknai sebagai kegiatan membasuh beberapa bagian tubuh tertentu untuk menghilangkan hadas kecil yang mungkin masih menempel pada bagian tubuh lainnya.

Dalam pelaksanaannya, ada syarat sah pelaksanaan wudhu yang harus dijalankan untuk membuat setiap tahapannya sah dan diterima, termasuk membaca doa sebelum dan doa setelah wudhu. Seperti beberapa langkah atau tahap berwudhu yang wajib dilakukan di bawah ini.

  1. Membaca Niat atau Doa Sebelum Wudhu

Tata cara pelaksanaan wudhu yang pertama adalah membaca niat atau doa sebelum Wudhu. Niat sebelum melaksanakan wudhu ini dilafalkan dalam hati kemudian diucapkan dengan kata-kata.

Rasulullah menjelaskan bahwa segala hal yang dikerjakan berawal dari niat lalu kemudian dituangkan dalam tindakan. Niat dalam hati yang kemudian diikuti dengan membaca doa sebelum wudhu ini adalah tahap awal dari rangkaian bersuci.

  1. Membasuh Wajah

Wudhu Membasuh Wajah

Rangkaian tata cara berwudhu selanjutnya adalah membasuh wajah. Selain membaca doa sebelum dan doa setelah wudhu, tata cara menjalankan wudhu lainnya harus dilaksanakan secara berurutan. Tahap setelah membaca doa sebelum wudhu adalah membasuh wajah. Semua bagian wajah harus berhasil terbasuh yakni mulai dari area kening hingga dagu, kedua pipi serta pinggir telinga.

Bagi Anda lelaki yang memiliki jenggot, cara membasuhnya juga sudah diatur dalam tata cara membasuhnya. Caranya yaitu dengan membilas seluruh bagian jenggot dibilas dengan air, sambil tekan-tekan agar air wudhu bisa mengenai kulit yang berada di bawah jenggot.

  1. Membasuh Kedua Tangan Sampai Siku

Setelah membasuh muka, sebelum rangkaian tata cara wudhu mencapai tahap akhir hingga membaca doa setelah wudhu adal membasuh kedua tangan sampai siku. Tahap berwudhu ini tidak hanya dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW saja, namun juga sudah diperintahkan oleh Allah dalam Al-Quran, tepatnya pdsa Surat Al-Maidah: 6. Rangkaian tahap wudhu ini harus dimulai dari bagian tubuh dengan jumlah bilasan masing-masing adalah 3 kali.

Selain membilas tangan sampai siku, pada tahap ini juga dicontohkan untuk membalas sela-sela diantara jari-jari. Hal oni dikarenakan pada bagian itu juga rawan sekali untuk masuk. Banyak orang yang membilas seadanya sehingga bagian ini jadi terlewatkan.

  1. Mengusap Sebagian Kepala

Langkah berikutnya adalah mengusap sebagian kepala. Ini adalah beberapa langkah terakhir sebelum mencapai tahap akhir dan membaca doa setelah wudhu. Membilas sebagian kepala ini berbeda dengan tahap sebelumnya, yaitu membilas seluruh wajah. Pada tahap ini, bagian yang diusap adalah bagian depan kepala, dari mulai batas rambut hingga bagian rambut sedikit tengah.

Baca juga : Doa Naik Kendaraan, Agar Selamat Sampai Tujuan

  1. Membasuh Kedua Kaki Sampai Mata Kaki

Membasuh Kedua Kaki Sampai Mata Kaki

Membaca doa setelah wudhu adalah rangkaian syarat sah wudhu yang harus dijalani agar wudhunya dihitung sah sehingga bisa melanjutkan dengan shalat. Namun, masih banyak umat muslim yang belum mengetahui syarat-syarat sauh wudhu itu apa saja, serta tahap-tahap yang dilakukan saat berwudhu itu apa saja.

Nah, pada tahap selanjutnya ini adalah tahap terakhir dari rangkaian tata cara berwudhu berdasarkan teladan Rasulullah adalah membasuk kedua kaki hingga mencapai mata kaki. Untuk bagian ini usahan sambil mengusap bagian telapak kali agar kotoran yang menempel di bagian ini bisa hilang dengan sepenuhnya. Untuk mengusapnya juga ada caranya, yaitu, gunakan tangan kanan untuk membasuh kaki kiri dan sebaliknya.

  1. Baca Doa Setelah Wudhu

Rangkaian terakhir dari tata cara wudhu yang benar adalah membaca doa setelah wudhu. Doa ini dibaca ketika Anda sudah selesai menjalankan setiap langkah yang sudah dijelaskan di atas. Sebagai penutup, Anda bisa membaca doa sesudah wudhu ini saat akan keluar dari tempat wudhu sambil menadahkan tangan ke atas. Berikut ini adalah doa sesudah wudhu yang harus Anda hafalkan.

Bismillahirrahmanirrahim

اَشْهَدُاَنْ لَااِلٰهَ اِلَّا اللّٰهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ. وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَاالتَّوَّابِيْنَ، وَجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ، وَجْعَلْنِىْ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ

Asyhadu allaa ilaaha illallah wahdahu laa syariikalahu . Wa asyhadu anna Muhammadan’abduhu wa rasuuluhu Allahumma-j alnii minattabinna waj alnii minal mutathohiirina waj alnii min ‘ibadatishalihin.”

“Saya bersaksi tiada Tuhan melainkan Allah yang esa , tiada sekutu bagi-Nya . Dan saya bersaksi bahwa nabi Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya . Ya Allah jadikanlah saya orang yang ahli taubat , dan jadikanlah saya orang yang suci , dan jadikanlah saya dari golongan hamba-hamba Mu yang shaleh.”

Setelah membaca doa sesudah wudhu ini, maka rangkaian tahapan wudhu pun selesai dan Anda sudah siap sholat. Syarat sah terakhir yang harus dijalankan oleh setiap muslim yang melaksanakan wudhu adalah menjalankan setiap tahapan yang dijelaskan di atas secara tertib.

Tertib maknanya adalah menjalankan setiap rangkaian tahap berwudhu sesuai urutan yang sudah dianjurkan. Tertib ini maksudnya Anda tidak boleh melakukan tahap-tahap tersebut dengan cara melompat dari satu tahap menuju tahap lainnya. Inilah mengapa sangat penting untuk mengetahui rangkaian tata cara berwudhu yang baik dan benar.

Membaca doa sesudah melaksanakan wudhu ini memang bukan menjadi syarat sah wudhu yang harus dikerjakan saat berwudhu. Namun berdasarkan hadits Rasulullah SAW, pekerjaan ini tidaklah merugikan apalagi sia-sia. Sebab, dengan membaca doa sesudah wudhu ini akan mendapatkan banyak keuntungan.

Seperti yang diriwayatkan Rasulullah dalam salah satu hadits shahihnya, membaca doa setelah wudhu akan memberikan keutamaan berlipat bagi siapapun yang melaksanakannya. Salah satu keutamaan itu adalah dibukakannya puntu surga yang delapan untuknya dan ia bisa memilih ingin masuk dari pintu mana.

Hal ini tentu menjadi sebuah keutamaan yang diinginkan setiap muslim untuk bisa masuk ke surga-Nya. Namun meskipun demikian, alanglah baiknya jika setiap umat muslim melaksanakan setiap rangkaian wudhu ini sebagai sebuah kewajiban yang dilaksanakan dengan ikhlas tanpa mengharapkan imbalan atau keutamaan apapun.

Nah, itulah tadi penjelasan lengkap tentang rangkaian tata cara melaksanakan wudhu seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW serta sudah diperintahkan melalui Al-Quran. Sebagai tahap awal sebelum melaksanakan shalat, mala wudhu adalah hal yang penting untuk diperhatikan guna memastikan apakah shalatnya bisa sah atau tidak.

Jika wudhunya saja tidak sah, maka sudah pasti shalatnya juga tidak sah. Maka dari itu dalam salah satu syarat sah wudhu adalah melakukan setiap tahap dengan tertib dan berurutan. Selain itu, jangan lupa untuk membaca doa setelah wudhu sebagai penyempurna semua rangkaian tersebut.

Leave a Reply