Adab dan Doa Naik Kendaraan Ketika Bepergian

Melakukan perjalanan dengan kendaraan adalah hal yang biasa, bahkan sejak jaman Rasulullah. Bedanya, ketika jaman Rasulullah dahulu kendaraan yang digunakan adalah unta. Sedangkan saat ini sudah tersedia berbagai jenis kendaraan yang akan memudahkan perjalanan manusia.

Namun tetap, sebagai makhluk ciptaan-Nya kita harus selalu mematuhi perintah-Nya serta menjauhi larangan-Nya. Termasuk dalam hal berkendara pun sudah diatur sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah, yakni sebelum berkendara hendaknya membaca doa naik kendaraan. Hal ini karena membaca doa ini akan memberikan keutamaan tersendiri bagi Anda.

doa bepergian

Dalam ajaran Islam, setiap akan melakukan suatu pekerjaan memang diajarkan untuk membaca doa serta melakukannya sesuai dengan yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW sebagai panutan dari setiap umat muslim.

Dalam beberapa hal, membaca doa sebelum melakukan sesuatu juga akan menghindarkan Anda dari hal-hal buruk yang tidak diinginkan, seperti misalnya membaca doa naik kendaraan saat akan bepergian dengan kendaraan. Dengan membaca doa ini, selain mendapatkan pahala Anda juga akan mendapatkan keutamaan sebagaimana yang sudah dijelaskan Rasulullah SAW.

Menerapkan Adab dan Doa Naik Kendaraan Sebelum Bepergian

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan sebelumnya, pada jaman dahulu, Rasulullah juga bepergian dengan menggunakan kendaraan. Yang berbeda adalah jenis kendaraan yang digunakan.

Jika Rasulullah pada masa itu menggunakan kendaraan unta sebagai kendaraan untuk bepergian, maka umat muslim di jaman ini menggunakan lebih banyak kendaraan yang lebih bervariasi dan tentunya bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya.

Namun yang tak boleh dibedakan adalah adab atau tata cara dalam berkendara yang mana di dalamnya juga termasuk membaca doa naik kendaraan. Apa saja adab, keutamaan serta bagaimana doanya? Berikut penjelasan lengkapnya.

Sebelum mengetahui bagaimana doa naik kendaraan yang harus dilafalkan saat akan melakukan perjalanan dengan kendaraan, ada baiknya Anda juga harus tahu apa saja adab yang dicontohkan oleh Rasulullah saat melakukan perjalanan dengan kendaraan.

  1. Niat yang Baik

Adab dalam melakukan perjalanan dengan kendaraan yang pertama tentu saja memulai dengan niat yang baik. Rasulullah SAW selalu mencontohkan bahwasannya ketika akan melakukan suatu pekerjaan maka hendaknya dimulai dengan niat yang baik. Lakukan perjalanan bukan untuk tujuan buruk, melakukan kejahatan, atau hal-hal yang dilarang oleh Allah.

Niat yang Baik

Niatkan perjalanan dengan kendaraan itu untuk bersilaturahmi, menuntut ilmu, berniaga, atau untuk tujuan baik lainnya agar ketika Anda mengucapkan niat dan doa naik kendaraan ini, maka perjalanan Anda akan dirahmati oleh Allah.

  1. Mengakui Adanya Nikmat Allah

Satu hal yang tidak boleh diingkari oleh setiap umat manusia adalah bahwa setiap yang didapatkannya adalah hasil nikmat dari Allah SWT. Hal tersebut juga berlaku ketika akan berkendara. Manusia harus mengakui jika kendaraan yang digunakan untuk memudahkan perjalanan tersebut adalah hasil nikmat Allah.

Tanpa adanya nikmat dari Allah tersebut, maka tidaklah mungkin manusia bisa merasakan kemudahan tersebut. Maka dari itulah untuk mensyukuri nikmat yang diberikan, salah satunya adalah dengan mengucapkan doa naik kendaraan setiap akan bepergian.

  1. Mempersiapkan dengan Baik Apa yang Dibutuhkan

Selanjutnya, sebelum melakukan perjalanan adab yang harus dilakukan adalah menyiapkan apa saja yang dibutuhkan, termasuk juga kendaraan yang akan digunakan.

Mempersiapkan kendaraan dan apa saja yang dibutuhkan juga termasuk dalam keadaan perjalanan yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW.

  1. Baca Doa Naik Kendaraan

Yang paling penting saat akan berkendara adalah membaca doa naik kendaraan. Membaca doa sebelum naik kendaraan adalah adab yang diajarkan oleh Rasulullah. Tidak hanya menjadi adab ketika akan melakukan perjalanan saja, membaca doa sebelum menaiki kendaraan juga akan memberikan keutamaan tersendiri. Diantaranya adalah untuk memberikan rasa aman dan melindungi dari hal-hal yang tidak diinginkan saat di jalan.

Membaca doa saat naik kendaraan yang disertai dengan niat baik sebelumnya akan membawa berkah tersendiri dalam setiap perjalanan yang Anda lakukan.

Sebagaimana yang sudah dicontohkan oleh Rasulullah SAW, doa sebelum naik kendaraan sebenarnya ada beberapa macam doa. Ada doa untuk kendaraan, darat dan kendaraan laut. Namun ada juga doa naik kendaraan yang secara umum bisa diucapkan ketika akan berkendara dengan jenis kendaraan apapun. Berikut ini adalah doa yang bisa Anda ucapkan saat akan berkendara.

bacaan doa naik kendaraan

Alhamdulillah Alhamdulillah alhamdulillah. Allahu akbar, allahu akbar, allahu akbar. Subhaana kallahumma inni zalamtu nafsuu fagh firluu fa innahu laa yaghfirudz dzunuuba illa anta.

Artinya:

“Maha Suci Allah yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.” (HR. Turmudzi 3446)

Doa ini bisa Anda baca ketika akan bepergian dengan kendaraan apapun, baik itu kendaraan darat, laut ataupun udara. Dengan doa ini akan semakin mempermudah saat akan melakukan perjalanan. Dengan begitu Anda akan tetap dilindungi dalam perjalanan serta mendapatkan berkah dari perjalanan Anda.

Baca juga : Bacaan Doa Ketika Masuk Ke Kamar Mandi

  1. Mematuhi Peraturan yang Berlaku

Tidak hanya doa sebelum melakukan perjalanan saja yang menjadi hal yang wajib dilakukan dan menjadi adab dalam bepergian. Mematuhi peraturan yang berlaku juga menjadi adab yang dicontohkan oleh Rasulullah ketika akan melakukan perjalanan.

Hal ini karena setiap peraturan yang dibuat bertujuan untuk melindungi semua pengendara dan pengguna jalan. Oleh karena itu, Nabi Muhammad mencontoh setiap muslim dalam adab melakukan perjalanan dengan kendaraan agar melindungi setiap pengguna jalan.

mematuhi aturan saat berkendara

Dengan mematuhi peraturan yang dibuat, Anda akan merasa nyaman dalam perjalanan serta dijamin keselematannya sampai tiba di tujuan. Misalnya dengan memperhatikan aturan kendaraan yang boleh digunakan untuk bepergian.

Memperhatikan kelengkapan kendaraan, baik sebelum pergi dengan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Jika semua kelengkapan yang dibutuhkan sudah lengkap dan dalam kondisi baik, maka perjalanan pun akan lancar tanpa adanya hambatan.

Sikap pengemudi ketika berkendara di jalan juga menjadi hal yang harus diperhatikan. Nabi Muhammad dalam hadits yang diriwayatkannya menjelaskan jika sikap sopan santun harus selalu dimiliki oleh setiap manusia. Sikap inilah yang juga harus diterapkan bahkan ketika berada di jalan.

Sikap sopan dengan menghormati pengguna jalan lain, mematuhi aturan dan aturan lalu lintas yang dibuat akan membantu Anda nyaman dalam perjalanan serta mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Akan percuma jika Anda sudah  mengucapkan doa naik kendaraan tapi saat di kendaraan Anda tidak bersikap sopan dengan mengemudi secara ugal-ugalan.

Saat akan melakukan perjalanan jarak jauh ataupun melakukan perjalanan jarak dekat, mengaplikasikan adab bepergian seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah adalah hal yang wajib dijalankan oleh setiap umat muslim. Adab yang dicontohkan Rasulullah adalah contoh tindakan yang boleh dan tidak boleh dilakukan umatnya.

Adab ini tidak hanya berlaku dalam kehidupan sehari-hari seperti adab saat akan makan, bertamu atau adab lainnya. Adab yang baik juga harus diterapkan bahkan ketika akan melakukan perjalanan. Seperti beberapa adab yang dijelaskan di atas beserta doa naik kendaraan yang bisa Anda terapkan sebelum melakukan perjalanan.

Leave a Reply