Doa Masuk Masjid dan Adab Lainnya yang Sebaiknya Dilakukan

Masjid adalah tempat suci dan tempat beribadah bagi umat muslim. Bagi setiap muslim, ketika hendak melangkahkan kaki masuk ke dalam masjid disunahkan untuk membaca doa masuk masjid terlebih dahulu. Hal ini juga sebagaimana yang dijelaskan dalam hadis-hadis yang ada.

Selain itu, sebagai tempat suci yang dimuliakan oleh setiap umat muslim, saat memasuki masjid juga ada adab yang harus diikuti. Adab memasuki masjid ini juga menjadi salah satu bentuk penghormatan kepada jamaah lain yang juga sedang melaksanakan ibadah serta sebagai bentuk menghormati masjid itu sendiri sebagai tempat ibadah yang suci.

Sebagai tempat suci dan dimuliakan dalam agama Islam, masjid memang memberikan keuntungan bagi para jamaah yang beribadah di dalamnya. Seperti misalnya, keuntungan pahala yang dilipatgandakan ketika menjalankan sholat berjamaah di masjid.

Tak hanya itu saja, setiap langkah yang ditempuh untuk menuju masjid pun akan dihitung sebagai sebuah kebaikan. Karena itu, setiap umat muslim berlomba-lomba memperbanyak ibadah di masjid. Sebagai sebuah tempat ibadah yang suci, ketika masuk ke dalam masjid, setiap umat muslim harus mengetahui adab masuk masjid, termasuk juga doa masuk masjid.

Mengapa Harus Membaca Doa Masuk Masjid?

Doa masuk masjid ini adalah doa yang harus dilafalkan ketika hendak masuk ke dalam masjid. Seperti yang sudah menjadi sebuah kewajiban bagi setiap muslim ketika hendak melakukan sesuatu harus diawali dengan doa. Mulai dari makan, tidur, ke kamar mandi, bepergian, bercermin, termasuk juga ketika akan masuk masjid.

Membaca Doa Masuk Masjid

Dengan doa ini akan menjadi perantara agar ibadah yang akan dilakukan di masjid bisa mendapatkan pahala yang maksimal serta kebaikan lainnya. Tak hanya mengucapkan doa, sebenarnya ada adab masuk masjid lainnya yang harus diketahui, agar doa yang diucapkan juga bisa diijabah.

Adab Masuk Masjid untuk Menghindarkan dari Godaan Syaitan

Ada beberapa adab yang harus diikuti oleh setiap umat muslim ketika akan masuk masjid, termasuk salah satunya adalah membaca doa masuk masjid. Apa sajakah adab-adab yang dimaksud, dan bagaimana lafadz doanya? Berikut penjelasan lengkapnya.

  1. Berwudhu Terlebih Dahulu

Berwudhu Terlebih Dahulu

Sebelum masuk ke masjid, adab paling penting sebelum membaca doa masuk masjid adalah pastikan Anda dalam keadaan suci. Karena itu, banyak hadist yang menyatakan jika sunah dan adab sebelum masuk masjid yang paling utama adalah berwudhu terlebih dahulu di rumah.

Hal ini ditegaskan dalam beberapa hadits, untuk menjelaskan bahwa sunah yang dianjurkan sebelum masuk ke masjid adalah berwudhu dahulu di rumah dibandingkan berwudhu di masjid.

  1. Kenakan Pakaian Suci dan Sopan

Sebagai sebuah tempat suci yang juga merupakan tempat beribadah umat muslim, kesucian adalah adab paling utama saat akan masuk masjid. Setelah Anda memastikan tubuh Anda suci dengan berwudhu, hal selanjutnya yang harus dipastikan suci adalah pakaian yang Anda kenakan.

Adab tentang mengenakan pakaian suci saat masuk ke masjid juga diperjelas lagi di dalam salah satu ayat Al-Quran, yakni di QS. Al-A’raf: 31. Di dalam ayat ini dijelaskan untuk mengenakan perhiasan saat ke masjid. Yang dimaksud dengan perhiasan itu adalah pakaian yang dikenakan.

Tak hanya suci, pakaian yang dikenakan untuk ke masjid juga harus sopan. Ini adalah adab ke masjid yang harus dipatuhi setiap muslim ketika akan ke masjid, tak hanya harus membaca doa masuk masjid saja. Sholat merupakan sebuah tindakan menghadap kepada Allah untuk meminta, maka sebagai manusia ciptaannya juga harus memperhatikan adab yang baik ketika menghadap-Nya, agar doa yang dipanjatkan bisa didengar.

  1. Melangkah dengan Tenang

Melangkah ke Masjid

Dalam Islam, bahkan sikap saat hendak menuju masjid pun diatur sebagai adab yang harus dipatuhi. Adab menuju masjid yang mengharuskan untuk berjalan dengan tenang ini sudah dijelaskan di dalam hadits shahih dari Bukhari dan Muslim.

Adab untuk melangkah dan berjalan dengan tenang saat berangkat ke masjid ini adalah hal yang membedakan dengan ketika manusia berangkat untuk melaksanakan kegiatan lain. Berangkat ke masjid untuk beribadah harus dimulai dengan niat yang suci, hati yang tenang serta ikhlas. Ini bisa digambarkan dengan cara berjalan yang tenang saat ke masjid.

Tak hanya itu saja, ketika berjalan dengan tenang menuju ke masjid, maka setiap langkah yang dilalui akan dihitung sebagai pahala, sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya. Selain itu, ketika berjalan dengan tenang ke masjid juga akan turut menjaga agar ketika sholat Anda bisa tetap khusyu dan tidak ngos-ngosan.

  1. Masuk Masjid dengan Kaki Kanan

Masuk Masjid dengan Kaki Kanan

Adab masuk masjid selanjutnya adalah masuk ke dalam masjid dengan kaki kanan terlebih dahulu. Adab ini juga disunahkan oleh Rasulullah sebagaimana tertulis dalam beberapa hadits shahih.

Bahkan dalam ajaran Islam, tidak hanya masuk masjid saja yang disunahkan didahului dengan kaki kanan, saat mengerjakan segala hal baik, juga disunahkan untuk memulai dari kanan terlebih dahulu.

  1. Membaca Doa Masuk Masjid

Adab selanjutnya yang sangat penting dan disunahkan oleh Rasulullah adalah membaca doa masuk masjid. Setiap hal baik yang dilakukan oleh umat muslim hendaknya diawali dengan niat yang baik kemudian diikuti dengan berdoa untuk mendapatkan berkah dan rahmat atas apa yang dikerjakan. Begitupun ketika akan masuk masjid.

Selain menjadi adab yang dicontohkan oleh Rasulullah, membaca doa masuk masjid juga menjadi salah satu bentuk kita menghormati masjid sebagai tempat suci yang digunakan untuk beribadah umat muslim. Doa sebelum masuk masjid yang bisa dilafalkan adalah sebagai berikut.

اَللّهُمَّ افْتَحْ لِيْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Allahummaf-tahlii abwaaba rahmatika

“Ya Allah, bukakanlah untukku pintu-pintu rahmat-Mu”.

Tak hanya itu saja, membaca doa masuk masjid juga memberikan keutamaan lain, sebagaimana yang disebutkan dalam beberapa hadits.

Disebutkan, ketika membaca doa saat akan melangkahkan kaki masuk ke dalam masjid, maka orang tersebut akan dilindungi dari godaan syaitan sepanjang hari. Sungguh keutamaan yang luar biasa saat memulai sesuatu dengan doa.

Baca juga : Doa Keluar Masjid, Ikuti Sunnah Nabi Muhammad

  1. Melaksanakan Sholat Dua Rakaat

Melaksanakan Sholat Dua Rakaat

Adab masuk terakhir setelah mengucapkan doa masuk masjid adalah melaksanakan sholat sunnah dua rakaat atau sholat tahiyatul masjid. Shalat ini disunahkan untuk dikerjakan sesaat setelah masuk masjid sebelum duduk dan menunggu sholat jamaah dimulai.

Dalam beberapa hadits juga dijelaskan bahwa saat masuk masjid, sebelum melaksanakan sholay fardhu, jamaah dianjurkan untuk tidak langsung duduk, melainkan melaksanakan sholat tahiyatul masjid sebanyak 2 rakaat terlebih dahulu.

Islam adalah agama yang dirahmati yang selalu mengajarkan kebaikan melalui kewajiban dan sunah. Diantara sunah-sunah yang dikerjakan oleh Rasulullah adalah sunah untuk melaksanakan adab-adab sebelum masuk ke masjid. Sebagai tempat ibadah yang suci, ketika masuk masjid dibutuhkan adab dan perilaku yang tepat agar sesuai dengan kondisi dan tempat tersebut.

Adab ini akan mengajarkan setiap umat muslim tentang bagaimana untuk bersikap saat akan ke masjid hingga saat masuk ke dalam masjid, termasuk di dalamnya adalah membaca doa masuk masjid. Semoga penjelasan di atas bisa memberikan ilmu kepada Anda tentang adab dan bagaimana doa ketika akan masuk masjid.

Leave a Reply