Adab-adab dan Doa Keluar Masjid yang Diajarkan Rasullulah

Setiap agama memiliki tempat ibadah yang disucikan serta tempat untuk berdoa. Masjid yang merupakan tempat ibadah umat muslim juga menjadi tempat yang disucikan dalam agama Islam. Karena itu, setiap perbuatan yang dilakukan di dalam masjid sudah dicontohkan oleh Rasulullah melalui sunah-sunahnya. Tak terkecuali ketika selesai melaksanakan ibadah dan hendak meninggalkan masjid.

Tidak hanya saat akan masuk masjid saja yang harus diawali dengan doa, ketika akan keluar masjid juga harus membaca doa keluar masjid. Hal ini juga merupakan salah satu ajaran dan sunah yang diajarkan oleh Rasulullah.

adab keluar masjid

Namun, tidak hanya harus membaca doa keluar masjid saja, seperti halnya saat akan masuk ke masjid, Rasulullah juga sudah memberikan teladan tentang bagaimana bersikap bagi seorang umat muslim ketika berada di rumah Allah itu.

Hal ini juga sesuai dengan apa yang diajarkan oleh Allah SWT di dalam Al-Quran, bahwa segala sesuatu yang dimulai dengan baik harus diakhiri dengan baik juga. Jika saat akan masuk ke masjid ada adab sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah, maka begitu pula ketika akan keluar dari masjid.

Doa Keluar Masjid dan Adab yang Diajarkan Rasulullah 

Adab keluar masjid ini juga menjadi perilaku baik yang dicontohkan Rasulullah sebagai pedoman bagi umatnya untuk menjalankan kehidupan lebih baik. Di bawah ini akan dijelaskan secara lengkap hal-hal apa yang disunahkan oleh Rasulullah saat akan keluar dari masjid, termasuk di dalam adab tersebut adalah membaca doa keluar masjid.

doa keluar masjid

Membaca doa ini saat Anda akan keluar dari masjid akan memberikan keutamaan sendiri. Apa saja keutamaannya? Berikut ini adalah penjelasan beserta adab-adab lain yang harus dilaksanakan saat keluar dari masjid.

  1. Tidak Boleh Lewat di Depan Orang yang Sedang Sholat Ketika Hendak Keluar

Adab pertama yang dicontohkan oleh Rasulullah saat akan keluar masjid selain membaca doa keluar masjid adalah tidak lewat di depan orang atau jamaah yang sedang melaksanakan sholat.

Selain tidak menunjukkan rasa saling menghormati antar sesama umat, hal ini juga bisa membuat orang lain yang sedang melaksanakan sholat tersebut akan terganggu. Dengan begitu juga akan berakibat pada berkurangnya kekhusyukan saat orang tersebut saat menjalankan ibadah.

Penjelasan tentang adab ini juga sudah dijelaskan dengan lebih rinci di dalam salah satu hadits yang diriwayatkan oleh Mutaffaq’alaih. Di dalamnya dijelaskan bahwa ketika melaksanakan sholat hendaknya meletakkan batas yang ditaruh di depannya.

Hadits ini juga menjelaskan bahwasannya apabila seseorang yang lewat di depan orang lain yang sedang sholat itu mengetahui dosa dari tindakannya tersebut, maka hendaknya perbuatan tidak lebih baik jika dibandingkan berdiri sejauh empat puluh.

  1. Tidak Boleh Keluar Setelah Adzan Berkumandang

dilarang keluar saat azan berkumandang

Pentingnya mengetahui adab saat akan meninggalkan masjid selain doa keluar masjid adalah agar kita tahu hal apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat di dalam masjid. Salah satunya adalah larangam untuk meninggalkan masjid ketika adzan sudah berkumandang.

Setiap orang yang datang ke masjid pasti diawali dengan niat yang baik, yaitu untuk beribadah dan berdoa kepada Allah SWT. Kegiatan berdoa dan berdoa itulah yang dikenal secara umum dengan istilah shalat. Adzan sendiri merupakan sebuah panggilan untuk melaksanakan sholat fardhu.

Karena itu, ketika sudah mendengarkan adzan, alangkah lebih baik jika Anda tidak meninggalkan masjid terlebih dahulu, melainkan segera menunaikan kewajiban menjalankan shalat fardhu tersebut.

  1. Tidak Boleh Menjadikan Masjid Hanya Sebagai Jalan untuk Lewat

Sebagai sebuah tempat suci dan tempat ibadah bagi orang muslim, masjid pasti dijaga dengan baik dari segi kebersihan maupun keamanannya. Hal ini bertujuan untuk membuat para jamaah bisa merasa nyaman dan khusu’ saat menjalankan ibadah di dalamnya.

doa ketika keluar masjid

Karena itu, ada adab yang harus dipatuhi oleh setiap muslim saat berada di dalam masjid, tidak hanya sekedar bisa melafalkan doa keluar masjid. Adab itu adalah tidak menjadikan masjid sebagai jalan untuk lewat saja, tanpa melakukan ibadah di dalamnya.

Sebagaimana yang diriwayatkan dalam hadits At Tabrani, di dalamnya dijelaskan larangan keras untuk menjadikan masjid sebagai jalan untuk lewat, kecuali hanya digunakan untuk beribadah baik sholat maupun berdzikir.

Hadits ini jelas-jelas melarang setiap muslim untuk ke masjid lalu keluar lagi ibarat orang menjadikannya seperti jalan. Alangkah lebih baik, jika masuk lalu melaksanakan sholat dan berdzikir.

Dalam penjelasan lebih sederhana mungkin bisa diumpamakan ketika masjid hanya dijadikan tempat lewat (singgah) tanpa melakukan ibadah, nantinya bisa mengganggu kenyamanan muslim yang sedang menjalankan ibadah di dalamnya.

Bukan tidak mungkin selain mengganggu kekhusyukan, orang yang hanya lewat di masjid juga bisa mengotor masjid yang justru bisa mengurangi kesucian masjid itu sendiri.

Baca juga : Doa Setelah Wudhu yang di Ajarkan Oleh Rasulullah

  1. Membaca doa Keluar Masjid

Adab paling utama sebelum meninggalkan masjid adalah membaca doa keluar masjid. Jika tadi Anda masuk diawali dengan doa agar mendapat pahala dam dijauhkan dari syaitan, maka saat keluar dari masjid, Anda juga harus mengucapkan doa agar segala hal Anda bisa senantiasa mendapatkan ridho dari Allah SWT. Dengan doa ini jugalah Anda juga akan memohon kepada Allah untuk diberikan keselamatan dalam perjalanan menuju ke rumah.

Sebagaimana dalam memuliakan masjid, hal serupa juga terjadi ketika Anda akan keluar dari masjid. Anda harus membaca doa keluar masjid yang berbunyi

Bismillahirrahmanirrahim.

اَللهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

Allahumma innis as-aluka min fadhlik(a).

“Ya Allah, aku memohon kepadamu, karunia dari-Mu”.

  1. Gunakan Kaki Kiri Terlebih Dahulu

Hampir sama dengan saat akan masuk ke dalam masjid, ada juga adab yang harus dipatuhi ddan ditiru karena merupakan tindakan yang dilakukan oleh Rasulullah. Adab tersebut adalah keluar masjid dengan menggunakan kaki kiri Terlebih dahulu. Ada makna baik dalam pelaksanaan setiap adab ini,  seperti kegiatan atau tindakan maupun adab lain yang sudah dicontohkan oleh Rasulullah.

keluar masjid dengan kaki kiri

Sama seperti ketika akan masuk ke dalam masjid yang harus diawali dengan kaki kanan, maka sekarang Anda mendapatkan ilmu baru lagi bukan? Ya, berdasarkan hadits dan riwayat yang ada, sembari membaca doa keluar masjid seperti yang disebutkan di poin sebelumnya, maka pastikan Anda sudah melangkah keluar dari masjid dengan kaki kiri yang didahulukan. Adab ini dilakukan seperti penjelasan Rasulullah.

Selain itu membaca dzikir Sebanyak-banyaknya saat di dalam masjid juga menjadi adab yang harus Anda ketahui dan amalkan. Dengan mengikuti segala tindakan yang diteladankan oleh Rasulullah, maka semoga Anda juga akan mendapatkan berkah dan karunia yang berlimpah pula.

Setiap tindakan yang dilakukan oleh manusia di dunia ini seharusnya memang sudah tertata dengan baik sesuai dengan adab yang berlaku. Tidak hanya adab yang berlaku dalam kehidupan sosial namun juga adab yang diatur dalam aturan agama. Seperti penjelasan tentang adab saat keluar dari masjid beserta doa keluar masjid yang harus diikuti oleh setiap muslim. Adab ini adalah tindakan yang dicontohkan Rasulullah dan harus diteladani oleh umat muslim sebagai teladan untuk senantiasa mendapatkan karunia dari-Nya.

Leave a Reply