Kumpulan Contoh Mind Mapping dan Jenis-jenisnya

Pernahkah Anda mengenal istilah mind mapping? Bagi pelajar atau mahasiswa pasti setidaknya pernah menggunakan teknik mencatat ini. Ya, yang dimaksud dengan mind mapping adalah sebuah teknik mencatat yang akan memudahkan dan mudah untuk diingat.

Teknik mencatat ini akan membuat Anda mencatat dengan lebih efektif. Jika Anda perhatikan contoh mind mapping, Anda akan melihat bentuk catatan dengan gambar-gambar disertai dengan penggunaan warna-warna yang membuatnya jadi tampak menarik.

Sejarah Awal Teknik Mind Mapping

Berdasarkan sejarahnya, teknik mencatat dengan mind mapping diciptakan oleh seorang penulis yang aktif dalam bidang psikologi dan kreativitas bernama Tony Buzan. Menurutnya, otak akan bekerja dengan asosiasi dan gambar.

Karena itulah teknik mencatat ini memanfaatkan gambar dan asosiasi agar bisa lebih mudah diingat oleh otak. Itulah mengapa kebanyakan contoh mind mapping yang ada menggunakan gambar dan berwarna warni agar otak bisa menyusun pokok pikiran dari apa yang ditulis dan akan secara otomatis terbentuk asosiasi berdasarkan gambar yang dibuat.

Jenis-jenis Mind Mapping yang Perlu Kamu Ketahui

Jika dibandingkan dengan teknik mencatat konvensional, mind mapping sudah pasti lebih memudahkan. Dengan menggunakan teknik mind mapping, Anda bisa belajar dengan cara membayangkan materi yang sudah ditulis sebagai satu kesatuan dan saling berhubungan.

Dengan begitu, saat belajar Anda tidak perlu menghafal catatan dalam bentuk panjang dan tidak efisien yang mana pasti akan lebih mudah dilupakan. Inilah mengapa saat membuat contoh mind mapping Anda harus membuatnya dengan gambar yang menarik.

Karena efektifitasnya ini, Anda bisa mulai membuat mind map Anda sendiri. Anda bisa meniru dari contoh mind mapping yang ada atau membuat sendiri sesuai kreatifitas Anda. Namun sebelum membuat mind map Anda sendiri, Anda juga harus tahu beberapa jenis mind mapping yang bisa membantu Anda untuk menentukan akan menggunakan jenis mind map yang mana.

  1. Mind Map Silabus

contoh mind map silabus

Jenis mind map pertama adalah mind map silabus. Pada jenis ini juga dikenal dengan mind map makro. Untuk jenis mind mapping silabus, adalah jenis mind map yang akan membantu Anda dalam memberikan gambaran tentang apa saja yang dipelajari.

Kebanyakan contoh mind mapping makro atau mind map silabus ini berukuran besar dan biasanya ditempatkan dengan ditempelkan di dinding.

  1. Mind Map Bab

Contoh Mind Map Bab

Jenis kedua adalah mind map bab, yang mana jenis mind map ini dibuat berdasarkan rangkaian dari bab-bab yang sudah dipelajari ataupun sedang dipelajari. Sama seperti dalam pembuatan mind map pada umumnya, untuk membuat mind map jenis ini harus menggunakan ringkasan pada poin-poin yang penting atau secara garis besar saja. Contoh mind mapping jenis ini menjadi contoh mind map yang paling sering ditemukan.

  1. Mind Map Paragraf

Mind Map Paragraf

Jika diperhatikan dari beberapa jenis mind map sebelumnya, mind map paragraf ini adalah mind map yang lebih spesifik karena dibuat berdasarkan ringkasan setiap bab. Jika pada mind map sebelumnya ditulis ringkasan atau poin-poin pentingnya saja, maka untuk jenis mind map ini dibuat dengan mencantumkan setiap detail dari setiap bab.

Baca juga : Cara Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris

Cara Membuat Mind Mapping Sendiri

Setelah memperhatikan penjelasan tentang jenis mind map serta contoh mind mapping yang ada, kini Anda bisa membuat mind map Anda sendiri. Untuk membuat mind map Anda sendiri, ada langkah-langkah pembuatan yang bisa Anda ikuti. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

Cara Membuat Mind Mapping Sendiri

  1. Letakkan Tema di Tengah

Yang pertama dan utama dalam pembuatan mind map adalah tema atau topik yang akan diringkas melalui grafik mind map tersebut. Dalam pembuatan mind map ini, letakkan topik atau tema yang akan dibahas tepat di tengah-tengah. Hal ini bertujuan untuk memudahkan Anda ketika akan membuat percabangan mind map nantinya.

Meskipun begitu, ada alternatif pilihan laknat dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan. Untuk tema, Anda bisa juga meletakkannya agak keatas dari bagian power. Jadi, judul atau tema pekerjaan tidak harus berada di tengah-tengah tampilan.

  1. Buat Percabangan dari Tema Turunan

Setelah meletakkan tema utama di tengah, selanjutnya Anda harus membuat tema-tema turunan dari tema utama tersebut. Tema-tema turunan inilah yang nantinya akan menjadi percabangan dari tema utama yang sudah dibuat di tengah sebelumnya.

Pastikan pula tema-tema turunan ini masih berkaitan atau masih ada kaitannya dengan tema utama. Namun ada juga beberapa contoh mind mapping yang tidak meletakkan tema utama di tengah-tengah kertas pas. Bisa jadi sedikit lebih ke atas atau dibuat ke pinggir kiri.

  1. Tandai Hubungan Antar Tema

Jika sudah, berikutnya Anda harus menemukan hubungan antara tema utama dengan tema turunan yang sudah ditentukan sebelumnya. Disinilah langkah paling penting selanjutnya, yaitu memberikan warna, garis atau simbol yang berbeda pada masing-masing hubungan. Dengan begitu Anda akan lebih mudah menemukan hubungan antara percabangan pada mind map sebagai tema turunan dengan tema utamanya.

Pemberian cabang dengan warna warni yang berbeda-beda ini juga harus memperhatikan hubungan antara tema utama dengan pembahasan atau cabang yang ada di bawahnya. Dengan begitu ketika digunakan untuk belajar akan semakin memudahkan Anda.

  1. Buat Rancangan Mind Map di Kertas Berbeda

Untuk membuat mind map memang tidak mudah. Karena itu, agar mind mapping Anda bisa berhasil dan hasilmya memuaskan, pastikan Anda tidak langsung membuatnya di kertas media yang akan Anda jadikan media membuat mind map. Cobalah menggunakan kertas buram atau ketas lain yang mana ini akan menjadi contoh mind mapping yang akan Anda buat dalam ukuran besar.

Draft atau rancangan awal dari pembuatan mind ini juga harus dibuat dengan lengkap. Maksudnya, pada tahap setiap akan membuat mind map ada baiknya jika Anda menggambar draft terlebih dahulu, dimana di dalam draft tersebut Anda juga harus menentukan di byaian mana yang akan diberikan percabangan dan yang paling penting juga tentukan warna yang akan digunakan.

  1. Buat Semenarik Mungkin

Langkah terakhir pastikan Anda membuat mind mapping tersebut dengan baik. Memulih warna dan bentik gambar di dalam mind maping ini. Semakin menarik mind mapping Anda, tidak hanya akan membuat catatan Anda semakin menarik namun juga akan membuat prosea belajar jadi semakin mudah.

Dengan adanya mind mapping Anda jadi tidak perlu belajar dengan cara menghafal catatan-catatan yang panjang, dimana nantinya juga bisa lupa. Anda tinggal menemukan asosiasi antara masing-masing tema dengan pembahasannya. Karena itu juga banyak yang membuat contoh mind mapping semenarik mungkin.

Kumpulan Contoh Mind Mapping

Berikut ini beberapa contoh mind mapping yang bisa anda lihat

contoh mind mapping cita-cita

Mind mapping cita-cita

 

contoh mind mapping manajemen waktu

Mind mapping manajemen waktu

 

contoh mind mapping misi

Mind mapping misi

 

contoh mind mapping sederhana

Mind mapping sederhana

 

contoh mind mapping tutorial

Mind mapping tutorial

 

contoh mind mapping motivasi

Mind mapping motivasi

 

contoh mind mapping surat menyurat

Mind mapping surat menyurat

Nah, itulah tadi penjelasan lengkap tentang mind mapping, mulai dari jenis-jenis mind map hingga bagaimana cara membuat mind map yang benar. Dengan contoh mind mapping yang bisa Anda temukan dengan mudah serta penjelasan di atas, kini Anda juga bisa membuat mind map Anda sendiri untuk memudahkan dalam mencatat dan proses belajar. Proses belajar dengan menggunakan mind map ini pun terbukti cukup ampuh untuk membuat proses belajar lebih efektif.

Leave a Reply