Cara Membuat Email di HP dengan Mudah

Keberadaan email akan sangat berguna bagi Anda dalam segala hal. Apalagi di era dimana segala sesuatu saat ini berbasis online dan digital. Untuk membuat akun email sebenarnya cukup mudah. Apalagi jika Anda memiliki smartphone. Seperti cara membuat email di hp yang akan kita bahas kali ini.

Ada banyak alasan dan keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika Anda membuat akun email, terutama akun dari google. Karena google adalah situs yang paling banyak diakses serta langsung terhubung ke aplikasi-aplikasi tertentu di aplikasi Anda.

Membuat email bisa Anda lakukan dimana saja dan dari perangkat apa saja. Anda bisa membuat email dari perangkat komputer atau PC maupun dari perangkat ponsel android Anda. Cara membuatnya juga sama mudahnya.

cara membuat email di hp

Apabila Anda memiliki akun email, selain bisa mengirim pesan, akun email ini juga akan sangat berguna apabila Anda ingin memiliki akun sosial media lain, seperti Facebook, Twitter maupun Instagram. Bahkan, para pengguna smartphone berbasis android juga wajib memiliki akun email untuk bisa terhubung dengan layanan-layanan yang diberikan di dalamnya.

Dengan adanya email juga memungkinkan Anda sebagai pemilik akun untuk memiliki ruang penyimpanan lebih di dalam akun tersebut. Anda bahkan juga bisa melakukan sinkronisasi data-data di dalam perangkat yang Anda gunakan ke dalam email. Dengan begitu Anda tak perlu takut kehilangan data.

Untuk membuat email, ada cara mudah yang bisa Anda lakukan. Cara membuat email di hp yang pertama adalah melalui web browser di dalam ponsel dan yang kedua melalui aplikasi email yang juga sudah disediakan di dalam ponsel.

Membuat Email di HP melalui Web Browser

Kalau ingin membuat email, Anda bisa memanfaatkan fitur browser yang ada di ponsel Anda. Cara membuat email di hp melalui fitur browser ini pun sangat mudah. Perhatikan langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Buka Laman Gmail

Langkah pertama dari cara membuat email di hp adalah buka dulu fitur browser pada ponsel Anda. Anda bisa menggunakan browser google chrome atau browser lain yang didukung oleh perangkat Anda.

Jika sudah, selanjutnya akses laman untuk membuat akun baru di google. Anda bisa mengaksesnya di link berikut : Daftar Email

membuat email langsung di browser hp

2. Isikan Data Google Accout

Setelah mengakses laman membuat akun baru di Google, maka Anda akan langsung dialihkan ke tampilan awal. Tampilan awal dari cara membuat email di hp melalui browser ini berupa formulir yang berisi data-data untuk akun Anda.

Anda harus mengisi kolom-kolom yang ada di dalam formulir tersebut, seperti nama Anda, username untuk akun gmail Anda nanti, serta password yang dibutuhkan untuk login ke akun Anda.

mengisi data daftar email baru

Untuk password, pastikan Anda menggunakan kombinasi huruf dan angka. Setelah itu Anda juga akan diminta untuk memasukkan kembali password tersebut untuk konfirmasi ulang.

3. Isi Data Diri Pribadi

Setelah mengisi form untuk akun, selanjutnya Anda harus klik pada tombol ‘Next’ yang ada di bagian kanan bawah tampilan. Setelah itu Anda akan dialihkan ke tampilan selanjutnya.

Pada tahap selanjutnya, Anda akan kembali diberikan form untuk diisi. Pada tahap ini form yang harus diisi adalah data diri Anda. Di dalamnya ada nomor telepon, tanggal lahir, jenis kelamin serta yang paling penting adalah alamat email lain untuk pemulihan.

Isi Data Diri Pribadi email baru

Poin terakhir yang berupa alamat email pemulihan ini sangat penting, karena akan sangat dibutuhkan ketika Anda lupa password email. Dengan alamat email pemulihan ini Anda bisa melakukan proses pemulihan emai sehingga tetap bisa membuka email tersebut.

Baca juga : Cara Mudah Aktivasi Windows 10, Langsung Jadi

4. Kebijakan Google

Setelah mengisi semua data yang dibutuhkan selanjutnya klik lagi tombol ‘next’ yang ada di bagian kanan bawah halaman. Setelah Anda klik tombol tersebut, Anda akan dialihkan ke tahap selanjutnya dari cara membuat email di hp melalui browser ini.

Tahap selanjutnya adalah mengisi kebijakan privasii yang disediakan oleh google. Pada laman ini akan ditampilkan kebijakan-kebijakan privasi yang ditawarkan oleh Google. Scroll terus layar Anda sampai halaman terakhir. Di halaman ini akan ada kolom untuk mengisi kebijakan tersebut.

kebijakan membuat akun email baru di hp

Klik tombol ‘I agree’ yang ada di bagian kanan bawah tampilan layar. Tunggu sampai proses selesai. Jika sudah sampai pada tahap ini sebenarnya proses pembuatan email Anda sudah selesai.

Setelah itu Anda akan dialihkan pada halaman yang menawarkan Anda untuk membuka email dari aplikasi atau dari browser. Jika Anda ingin membuka email dari browser, cukup klik pada tombol ‘I am not interested’. Maka kemudian Anda akan langsung dialihkan pada tampilan email yang sudah dibuat tadi.

tampilan awal email baru sukses di buat

 

Cara Membuat Email dari Aplikasi Gmail

Selain membuat dari browser, ada cara membuat email di hp lain yang bisa Anda terapkan, yaitu langsung dari aplikasi email. Aplikasi ini biasanya akan langsung ada pada setiap ponsel android. Nah, cara membuatnya juga tak kalah mudahnya. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti.

1. Masuk ke Aplikasi Gmail

cara membuat email di hp langsung

Langkah pertama dari cara membuat email di hp adalah buka dulu aplikasi gmail yang ada di ponsel Anda. Jika belum ada Anda bisa mengunduhnya terlbih dahulu, atau bisa juga masuk melalui menu pengaturan ponsel. Caranya, masuk ke menu ‘Pengaturan’, cari pada menu pengaturan ‘Akun’, lalu pilih ‘Akun Lain’.

2. Tambah Akun Google

Tambah Akun Google

Setelah itu klik pada tanda plus (+) yang ada di bagian bawah tampilan. Selanjutnya akan ada beberapa pilihan, klik pada pilihan ‘Google’. Setelah itu akan ada pilihan ‘Baru’ dan ‘Yang Sudah Ada’. Klik pada tombol ‘Baru’ untuk membuat email baru.

3. Isi Data yang Dibutuhkan

Jika sudah, Anda akan langsung dialihkan pada tampilan untuk mengisi data diri dan akun Anda. Pastikan Anda mengisikan semua data yang dibutuhkan dengan benar. Saat mengisikan nama akun, Anda mungkin mengalami kendala dalam pengisian nama akun.

Isi Data yang Dibutuhkan

Hal ini terjadi karena nama akun tersebut mungkin sudah digunakan orang lain. Ganti dengan nama akun baru. Lanjutkan dengan klik pada tanda panah ke kanan.

4. Tuliskan Password Akun

buat sandi email baru di hp

Berikutnya, Anda akan dialihkan ke menu pengisian password akun. Isikan password sampai indikator passwordnya tertulis ‘Kuat’. Lalu klik lagi pada tanda panah ke kanan. Anda kemudian akan dialihkan ke menu pemulihan akun.

Apabila ingin Anda atur sekalian, klik pada tombol ‘siapkan opsi pemulihan’, jika tidak Anda bisa melewati langkah ini dan melakukannya di lain waktu. Klik ‘lain kali’.

5. Sinkronisasi Akun

Langkah selanjutnya dari cara membuat email di hp melalui aplikasi adalah melakukan sinkronisasi akun. Anda bisa melakukan sinkronisasi setiap akun yang ada di ponsel Anda melalui pengaturan ini. Centang pada kotak yang tersedia.

6. Selesaikan Pembuatan Akun

proses akir cara membuat email di hp

Jika sudah, klik pada tanda panah kanan, lalu Anda dialihkan ke tahap terakhir dari cara membuat email di hp melalui akun gmail ini. Sebelumnya, Anda akan dialihkan ke menu autentikasi. Ketikkan kode autentikasi yang disediakan. Terakhir, klik lagi tanda panah kanan untuk menyimpan akun yang Anda buat.

Itulah tadi 2 cara membuat email di hp, baik melalui layanan browser ataupun melalui aplikasi email yang sudah tersedia du dalam ponsel. Dengan 2 cara tersebut akan memudahkan Anda dalam membuat akun email baru.

Leave a Reply