Cara Aktivasi Windows 7 Ultimate 32 & 64 Bit Permanen

Meskipun ada versi Windows yang lebih tinggi dengan fitur yang lebih up to date, namun masih ada juga pengguna yang menggunakan versi Windows lama, seperti Windows 7. Namun, pengguna Windows 7 juga harus tahu Cara aktivasi Windows 7  untuk bisa mempertahankan performa komputer Anda.

Proses aktivasi dibutuhkan apabila Windows Anda sudah non aktif atau kadaluarsa. Dengan melakukan proses aktivasi ini performa komputer Anda bisa tetap maksimal. Jika tidak, akan terjadi masalah pada komputer Anda seperti layar yang tiba-tiba berwarna hitam.

Agar bisa tetap bekerja dengan maksimal, Anda butuh melakukan aktivasi. Sayangnya, tidak semua orang bisa melakukannya, serta DVD windows yang harganya sangat mahal membuat banyak orang yang kadang tidak terlalu peduli dengan aktivasi Windowsnya. Tak perlu khawatir karena ada cara aktivasi Windows 7 yang mudah dan bisa Anda coba.

Cara Aktivasi Windows 7 Ultimate

Aktivasi Windows 7 dengan Windows 7 Loader

Mengaktifkan Windows 7 bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu cara aktivasi Windows 7 yang paling umum digunakan adalah dengan menggunakan Windows 7 Loader. Windows 7 loader ini adalah sebuah software yang memang dibuat khusus untuk aktivasi Windows 7.

Karena itu, untuk mengaktivasi Windows 7 dengan cara ini Anda harus mengunduh loadernya terlebih dahulu. Anda bisa menemukan loader untuk Windows 7 ini di berbagai situs web teknologi.

1. Ekstrak File Software

Langkah pertama dari cara aktivasi Windows 7 dengan Windows loader adalah mendapatkan softwarenta terlebih dahulu. File Windows 7 loader bisa Anda dapatkan dengan mudah di website-website khusus teknologi.

Selain mendapatkan secara gratis di website-website ini Anda juga akan mendapatkan tutorial cara pemasangannya sekaligus.

Untuk bisa menggunakan software ini, Anda harus mengekstrak software yang sudah didownload sebelumnya. Langkah ini adalah tahap yang pertama kali harus Anda lakukan dari cara aktivasi  Windows 7 dengan Windows loader  setelah mendapatkan softwarenya.

Jika sudah, matikan pula Firewall di komputer Anda agar software ini bisa dibuka dan tidak terhalang oleh firewall. Tahap ini juga sangat penting karena Firewall ini akan mencegah komputer untuk menjalankan beberapa software yang dianggap menjadi ancaman.

Oleh karena itu, matikan dulu Firewallnya agar windows loader Anda bisa dijalankan untuk mengaktivasi Windows Anda.

matikan firewall

Cara mematikan firewallnya, masuk ke menu Control Panel, cari menu pengaturan ‘ System and Security’ dan cati lagi pilihan ‘Windows Firewall’. Setelah masuk ke pengaturan ini, Anda akan melihat tampilan dan beberapa pilihan, yaitu Turn on atau turn off Windows Firewall.

Firewallnya baik pada private network maupun publik network. Anda tinggal beri klik pada kolom yang tersedia. Pastikan Anda klik pada pilihan ‘Turn off Windows Firewall’.

2. Jalankan Software

Setelah diekstrak, langkah selanjutnya dari cara aktivasi Windows 7 dengan menggunakan loader adalah jalankan software tersebut. Hampir sama dengan softwcafa untuk aktivasi Wndows lainnya, saat menjalankan software juga tidak sama dengan menjalankan software pada umumnya.

Yang perlu Anda perhatikan, saat menjalankan software ini pastikan jaringan internet di perangkat Anda juga dalam keadaan mati atau non aktif.

Selanjutnya, Anda harus menjalankan software ini. Caranya, klik kanan pada software yang tadi sudah diekstrak. Kemudian saat klik kanan di software ini, pilih pilihan ‘Run as Administrator’.

instal softare windows loader

Disini Anda akan ditampilkan informasi tentang sistem operasi yang sedang digunakan. Di dalam pop up box tersebut juga akan ada perintah untuk melakukan instalasi pada Windows 7 baru yang habis diupdate. Klik tombol instal dan tunggu sampai selesai.

Baca juga : Cara Memformat Flashdisk

Aktivasi Windows dengan Product Key

Cara aktivasi Windows 7 selanjutnya yang bisa Anda ikuti adalah dengan menggunakan Key Product. Key Products ini adalah produk resmi yang dikeluarkan oleh Windows dan sudah memiliki lisensi resmi pula. Apabila Anda membeli Windows di Windows market yang resmi, Anda pasti akan mendapatkan Key Products ini.

Namun, untuk mendapatkan key product ini pun Anda harus mengeluarkan kocek lebih dalam. Hal ini karena Key Products dari Windows dijual dengan harga yang sangat mahal. Keuntungannya, Anda dijamin mendapatkan produk original serta memiliki lisensi resmi.

Tak perlu khawatir karena kini Anda pun bisa mendapatkan product key ini secara gratis. Anda bisa coba menemukannya di website-website yang secara khusus mengulas tentang teknologi dan informasi terkini. Biasanya di dalamnya pemilik website juga memiliki product key untuk Windows.

Jika sudah memiliki product key Windows, Anda bisa mengikuti langkah-langkah cara aktivasi Windows 7 dengan Product Key berikut ini.

1. Nyalakan Koneksi Internet

Pertama-tama pastikan Anda sudah menyalakan koneksi internet terlebih dahulu. Hal ini sangat penting karena untuk mengaktivasi Windows 7 diperlukan adanya koneksi internet agar proses aktivasi bisa berjalan dengan baik.

2. Masuk Ke Pengaturan Aktivasi

Langkah selanjutnya dari cara aktivasi Windows 7 dengan menggunakan Product key adalah masuk ke pengaturan aktivasinya. Langkahnya, klik menu ‘Starr’ pada komputer Anda. Kemudian, cari menu ‘Control Panel’.

Setelah masuk ke Control Panel, Anda akan melihat beberapa pilihan di dalamnya. Klil pada pilihan Windows Activation. Untuk lebih memudahkan, Anda bisa memanfaatkan fitur pencarian dari komputer dan cari dengan kata kunci ‘activation’.

Jika Anda mencari dengan kata kunci demikian maka Anda akan langsung dialihkan ke menu aktivasi Windows. Kemudian tinggal melakukan langkah selanjutnya.

3. Aktivasi Windows Sekarang Juga

Setelah masuk ke mrnu Aktivasi, Anda akan langsung dihadapkan pada tampilan layar berupa pilihan untuk mengaktivasi Windows. Ada 2 pilihan di layar, yaitu yang berbunyi ‘activate windows online now’ dan pilihan ‘ask me later’.

Cara Aktivasi Windows 7

Untuk mengaktivasi Windows Anda tentu saja harus klik pada pilihan ‘Activate Windows Online Now’.

4. Masukkan Product Key

Setelah Anda klik pada pilihan ‘activate windows online now’ maka Anda akan langsung dialihkan ke menu untuk mengisi product key. Ini juga merupakan tahap penting dari cara aktivasi Windows 7, karena product key harus dimasukkan disini.

Cara Aktivasi Windows 7 Terbaru

Setelah dialihkan ke menu selanjutnya, klik pada menu ‘Change product key’ dan Anda akan dialihkan ke tampilan memasukkan product key tersebut.

Cara Aktivasi Windows 7 Permanen

Disinilah Anda harus memasukkan product key yang sudah Anda miliki sebelumnya. Masukkan products key tersebut dengan benar. Cek lagi sebelum mulai ke tahap berikutnya.

5. Tunggu Hingga Proses Selesai

Setelah memasukkan product key Windows Anda, maka proses aktivasi akan dimulai secara otomatis. Selanjutnya Anda tinggal menunggu hingga proses aktivasi selesai. Setelah selesai, selanjutnya Anda tinggal mengikuti langkah-langkah yang sudah diberikan oleh Windows di tampilan layar Anda.

Mengaktivasi Windows adalah proses yang harus dilakukan oleh semua pemilik komputer untuk tetap membuat setiap program yang ada di dalamnya bisa bekerja dengan maksimal. Beberapa cara aktivasi Windows 7 di atas bisa menjadi referensi Cara mengaktivasi Windows yang bisa Anda ikuti.

Leave a Reply