Cara Aktivasi Windows 10 Secara Permanen

Para pengguna Windows, apakah Anda pernah mengalami kejadian dimana layar komputer atau laptop tiba-tiba berubah berwarna hitam? Atau, Anda mendapatkan pemberitahuan jika Windows Anda tidak lagi aktif? Jika sudah demikian, pastikan Anda tahu cara aktivasi Windows 10 untuk memperbaiki masalah tersebut.

Setiap pengguna Windows pasti setidaknya pernah mengalami hal tersebut. Ini disebabkan karena Windows sudah tidak aktif atau kadaluarsa. Jika sudah demikian, pengguna harus segera mengatasi masalah tersebut agar komputer Anda bisa tetap digunakan untuk bekerja dengan baik.

Terjadinya masalah layar hitam karena belum diaktivasi ini bisa terjadi pada setiap pengguna. Pengguna harus melakukan aktivasi dengan menggunakan Product Key. Product Key ini biasanya ada di dalam kemasan Windows 10 yang Anda beli. Anda juga bisa membelinya secara online. Jika sudah, Anda bisa mengikuti cara aktivasi Windows 10 berikut ini.

Cara Aktivasi Windows 10 dengan Product Key

Cara aktivasi Windows 10 yang pertama bisa And lakukan dengan menggunakan Product Key. Ini adalah cara legal karena Anda harus membeli lisensinya terlebih dahulu. Product Key setiap lisensi ini berbeda-beda tergantung jenis Windowsnya.

Sebelum melakukan langkah-langkah cara aktivasi Windows 10, pastikan Anda sudah membeli Product Key terlebih dahulu. Product Key ini bisa Anda dapatkan di toko-toko Windows resmi yang menyediakan product key secara resmi.

Jika sudah punya Product Key untuk aktivasi, selanjutnya Anda tinggal mengikuti langkah-langkah aktivasi seperti di bawah ini.

1. Masuk ke Menu ‘Pengaturan’ pada Komputer

Langkah pertama cara aktivasi Windows 10 yang harus Anda lakukan adalah masuk ke ‘Pengaturan’ pada komputer Anda. Caranya, klik pada menu Start di PC Anda, lalu masuk ke ‘Pengaturan’

2. Pilih Menu Security and Update

Pilih Menu Security and Update

Setelah masuk ke Pengaturan, selanjutnya cari pada pengaturan ‘Security anda Update’. Setelah masuk ke menu ‘Security and Update’, Anda akan menemukan beberapa menu lain yang ada di dalam menu ini. Selanjutnya pilih ‘Activation’.

3. Change Product Key

Change Product Key Windows 10

Saat memilih menu ‘Activation’, maka di sebelahnya langsung akan ditampilkan menu untuk mengubah Product Key Windows Anda. Maka langkah selanjutnya dari cara aktivasi Windows 10 adalah mengubah Product Key nya. Klik pada menu ‘Change Product Key’.

4. Masukkan Product Key

Jika sudah, maka layar kemudian akan menampilkan kolom dimana Anda bisa mengisikan Product Key yang sudah dibeli di Windows Market tadi. Masukkan Product Key nya lalu klik pada tombol ‘Next’ di bagian kanan bawah layar. Tunggu sampai proses verifikasinya selesai.

Masukkan Product Key windows 10

Apabila proses verifikasi sudah selesai, maka akan ditampilkan pertanyaan bagi pengguna untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya. Pada tahap ini klik saja tombol ‘Next’ di bagian bawah layar.

5. Tunggu Hingga Proses Aktivasi Selesai

tunggu hingga proses aktivasi windows 10 berhasil

Tahap terakhir dari cara aktivasi Windows 10 adalah menunggu hingga proses aktivasi selesai. Proses aktivasi ini akan membutuhkan waktu beberapa saat serta koneksi internet. Setelah proses aktivasi berhasil dilakukan, maka Anda akan mendapatkan pemberitahuan.

Baca juga : Kamu lupa password gmail ? Ini Cara Atasinya

Cara Aktivasi Windows 10 dengan KMS Auto Lite

Selain menggunakan Product Key seperti yang dijelaskan di atas, ada cara aktivasi Windows 10 lain yang juga mudah untuk dilakukan, yaitu dengan bantuan software bernama KMS Auto Lite. Software ini adalah sebuah software yang dibuat untuk melakukan aktivasi Windows dan juga Microsoft Office.

Untuk menerapkan cara aktivasi Windows 10 dengan bantuan software KMS Auto Lite ini, berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti.

1. Download Software KMS Auto Lite

Langkah pertama untuk mengaktivasi Windows 10 dengan bantuan software KMS Auto Lite adalah mengunduh software ini terlebih dahulu. Anda bisa mendapatkan software ini secara gratis. Tinggal cari saja di mesin pencarian dan temukan website-website yang menyediakan software ini untuk didownload.

2. Ekstrak Software KMS Auto Lite

Setelah mengunduh software tersebut, langkah selanjutnya adalah mengesktrak software tersebut. Caranya klik kanan pada file yang tadi didownload, lalu klik extract. Setelah mengekstract file tersebut, Anda akan menemukan dua file KMS Auto Lite di dalamnya.

Di dalamnya akan ada KMS Auto X64 dan KMS auto. Jika sudah, jalankan sesuai dengan tipe Windows yang Anda gunakan. Jalankan KMS Auto X64 jika Windows Anda menggunakan Windows bertipe 64bit, begitu pun jika yang digunakan Windows 32Bit, jalankan KMS Auto.

Ekstrak dan jalankan Software KMS Auto Lite

Saat menjalankan KMS Auto Lite ini, pastikan Anda menjalankan dengan hak akses administrator. Caranya, klik kanan pada salah satu file KMS yang sesuai dengan Windows Anda, kemudian pilih ‘Run as Administrator’.

3. Instal GVLK

Jika sudah, selanjutnya Anda akan dialihkan pada tampilan KMS Auto Lite. Disini Anda akan melihat beberapa pilihan. Pilih ‘Instal GVLK’ yang ada di bagian paling bawah tampilan KMS Auto.

Langkah selanjutnya, berikan ceklis pada kolom ‘Forcibly’ yang juga ada di tampilan ini. Jika sudah, kemudian klik pada menu ‘Windows Key’ agar Anda bisa memasang Product Key langsung dari KMS Auto Lite ini.

cara aktivasi windows 10

4. Activate Windows

Setelah sebelumnya Anda masukkan Product Key, langkah selanjutnya itu kita melakukan aktivasi windows dan menunggu sampai prosesnya selesai dan muncul pemberitahuan pada layar berwarna biru di bagian bawah tampilan.

Apabila proses pemasangan Product Key berhasil, maka di layar biru tersebut akan muncul pemberitahuan ‘Key Installed Successful’. Kemudian, yang harus Anda lakukan adalah mengaktifkan Windows 10 dengan klik pada tombol ‘Activate Windows’.

cara aktivasi windows 10 sampai sukses

Tunggu sampai proses aktivasi selesai dan pada layar biru yang berada di bawah tampilan menu menampilkan pemberitahuan aktivasi sukses. Apabila sukses, pemberitahuan yang akan muncul berbunyi ‘Activation Successful’.

berhasil aktivasi windows 10

Jika sudah muncul pemberitahuan ini artinya proses aktivasi sudah selesai dan sukses.

Baca juga : Cara Aktivasi Windows 7 Terbaru, Dijamin Permanen

Cara Aktivasi Windows 10 dengan KMS Pico

Selain KSM Auto Lite, ada pula software lain yang bisa Anda gunakan untuk mengaktivasi Windows 10, yaitu KMS Pico. Cara kerjanya hampir sama dengan software sebelumnya, namun ini lebih mudah dan ringkas.

Cara aktivasi Windows 10 dengan KMS Pico bisa Anda ikuti seperi langkah-langkah di bawah ini.

1. Unduh KMS Pico

Pertama-tama Anda harus memiliki software ini dulu. Jika belum punya, pastikan Anda mengunduh nya terlebih dahulu. Anda bisa mencari di website-website teknologi.

2. Ekstrak dan Jalankan File KMS Pico

Ekstrak dan Jalankan File KMS Pico

Jika sudah terdownload, langkah selanjutnya adalah ekstrak folder download Anda tadi. Setelag diekstrak, akan ada beberapa file di dalamnya. Pada file KMSpico, klik kanan lalu pilih ‘Run as Administrator’. Tunggu sampai proses aktivasi ini selesai.

Jika sudah selesai, Anda akan mendapatkan notifikasi berupa suara dan pemberitahuan berbunyi ‘complete’. Jika sudah ada pemberitahuan ini, berarti proses aktivasi Anda sudah berhasil.

cara aktivasi windows 10 dengan KMS PICO

cara aktivasi windows 10 dengan KMS PICO

Itulah beberapa cara aktivasi Windows 10 yang bisa Anda lakukan apabila Windows Anda tidak teraktivasi atau sudah kadaluwarsa. Dengan melakukan aktivasi lagi, Anda bisa menggunakan komputer Anda lebih maksimal lagi.

Leave a Reply