Bahan Wolfis : Ciri-Ciri, Jenis, Kelebihan, dan Kekurangan-nya

Bahan Wolfis merupakan bahan yang terkenal digunakan untuk pembuatan baju muslimah atau gamis. Sebagai muslimah mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan bahan ini karena sebagian besar baju gamis terbuat dari Wolfis.

Tidak hanya baju muslimah atau gamis saja, saat ini Wolfis sudah banyak digunakan sebagai bahan dasar membuat rok celana. Rok celana merupakan model celana yang terlihat seperti rok sehingga Anda masih bisa tampil syaridan bergerak bebas sekaligus.

Bahan Wolfis banyak dipakai oleh produsen baju gamis serta baju muslimah karena memiliki ciri khas yang membuat pemakainya merasa nyaman. Untuk Anda pencinta gamis atau baju muslimah yang penasaran dengan Wolfis, berikut ini akan dijelaskan secara lengkap termasuk ciri-ciri, kelebihan, maupun kekurangannya ketika dipakai.

Mengenal Bahan Wolfis (Bahan Untuk Pakaian Gamis)

Bahan Wolfis dibuat dari beberapa campuran bahan lain yaitu bahan sutera, bahan katun, dan bahan sintetis lainnya.

mengenal bahan wolfis

Sedangkan nama Wolfis sendiri berasal dari kata woolpeach, karena lidah Indonesia maka nama tersebut lebih sering disebut dengan mudah sebagai Wolfis.

Berikut ini penjelasan lebih rinci mengenai kain Wolfis yang banyak digunakan sebagai bahan baku membuat baju gamis dan baju muslimah.

Ciri-ciri Bahan Wolfis

Agar bisa dengan mudah menentukan sebuah baju terbuat dari kain Wolfis atau bukan, Anda harus terlebih dulu paham ciri-ciri yang dimiliki oleh kain tersebut.

Ciri-ciri Bahan Wolfis

Kain ini sebenarnya mudah dibedakan karena memiliki ciri-ciri yang cukup berbeda dengan kain jenis lainnya. Berikut ini ciri-ciri bahan Wolfis yang dapat membedakan dengan bahan jenis lainnya:

  • Bahan tidak tembus pandang

Wolfis merupakan kain yang cukup tebal sehingga tidak tembus pandang. Meskipun begitu bahan ini tetap nyaman digunakan untuk berbagai aktivitas di luar ruangan.

Bahan yang tebal dan tembus pandang tentu saja bagus untuk dijadikan bahan dasar membuat busana muslimah.

  • Bahan memiliki sifat tidak tahan panas

Wolfis merupakan kain yang tidak tahan terhadap panas, jika terkena panas dengan besar maka akan cepat rusak.

Untuk menjaganya tetap awet, Anda harus mengatur panas setrika agar tidak terlalu panas ketika menyetrika baju yang memiliki bahan dasar kain ini.

  • Bahan mudah disetrika

Meskipun tidak tahan terhadap panas setrika, namun busana dengan bahan Wolfis tetap mudah disetrika. Meskipun setrika yang digunakan tidak terlalu panas tapi busana Anda tetap bisa rapi dengan mudah.

Selain itu bahan ini juga mudah dirapikan jadi Anda tidak perlu kerepotan untuk merawatnya.

  • Bahan tidak mudah kusut

Bahan yang mudah disetrika meski menggunakan panas yang rendah memang karena bahan tersebut tidak mudah kusut.

Bahan wolfis  tidak mudah kusut

Meskipun Anda banyak beraktivitas namun bahan satu ini tidak akan membuat baju kusut. Tentu saja hal tersebut sangat membantu jika tidak sempat menyetrika, Anda masih bisa memakainya tanpa kusut.

  • Bahan adem jika digunakan

Memakai baju gamis atau baju muslimah memang identik dengan panas dan gerah. Namun bahan Wolfis merupakan bahan yang memiliki ciri-ciri adem sehingga sangat cocok untuk busana yang besar dan menutup seluruh anggota tubuh.

  • Bahan ringan

Meskipun terbilang cukup tebal dan tidak tembus pandang, namun bahan ini ringan jika digunakan. Jadi Anda tidak perlu takut kerepotan ketika memakainya.

  • Bahan halus

Ciri selanjutnya dari Wolfis adalah bahannya halus sehingga cocok untuk semua jenis kulit. Anda tidak perlu merasa takut gatal-gatal ketika memakainya.

  • Terdiri dari banyak pilihan warna

Untuk Anda yang suka mengoleksi baju dengan warna cerah dan hidup, bahan satu ini cocok dijadikan referensi. Karena bahan ini terdiri dari banyak pilihan warna yang lebih hidup dibandingkan dengan bahan seperti katun atau sifon.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Bahan Monalisa

Jenis-jenis Bahan Wolfis yang Ada Di Pasaran

Bahan Wolfis sama seperti bahan lainnya yang dikelompokkan menjadi beberapa jenis berbeda. Berikut ini 3 jenis kain Wolfis yang harus Anda ketahui:

jenis kain Wolfis

  • Grade A

Grade A merupakan jenis kain Wolfis yang memiliki kualitas paling tinggi. Ciri-cirinya adalah kain paling halus dan paling jatuh.

  • Grade B

Kualitas dari Grade B berada di bawah Grade A dengan ciri-ciri kain kurang halus dan kurang jatuh.

  • Grade C

Grade C memiliki kualitas paling rendah diantara 3 jenis yang ada dengan ciri-ciri kain kasar dan tidak jatuh.

Yang membedakan ketiga jenis tersebut adalah sedikit atau banyaknya material campuran yang digunakan untuk membuatnya. Semakin tinggi kualitas tentu saja akan semakin mahal harganya sehingga Grade A memiliki harga paling mahal dari ketiga jenis di atas.

Kelebihan Bahan Wolfis di Banding yang Lain

Bahan Wolfis memiliki cukup banyak kelebihan sehingga banyak digunakan untuk bahan dasar membuat berbagai busana muslim atau gamis. Berikut ini kelebihannya yang harus Anda ketahui.

Kelebihan Bahan Wolfis

  • Tidak tembus pandang, halus, tidak mudah kusut, ringan, dan memiliki banyak pilihan warna.

Ciri-ciri kain Wolfis seperti tidak tembus pandang, tidak mudah kusut, halus, ringan, dan memiliki banyak pilihan warna juga menjadi kelebihan dari bahan satu ini.

Dengan berbagai kelebihan tersebut Anda dapat menggunakan busana yang terbuat dari Wolfis dengan lebih nyaman.

  • Harga relatif terjangkau

Meskipun bahan ini memiliki berbagai ciri-ciri yang menunjukkan kelebihannya, namun harga yang diberikan relatif tetap terjangkau. Semua kalangan baik ekonomi atas, bawah, maupun menengah dapat membelinya dengan mudah di pasaran.

  • Memiliki banyak tingkat ketebalan

Bahan Wolfis memiliki cukup banyak tingkat ketebalan yang bisa dipilih menyesuaikan kebutuhan dan budget Anda. Anda juga tetap harus jeli ketika membelinya karena ada bahan yang terlalu tipis hingga sedikit transparan.

  • Mudah didapatkan

Wolfis bukan termasuk kain yang langka sehingga Anda bisa dengan mudah mendapatkannya. Penggemar yang banyak dan penjualan yang bagus membuat produsen kain tetap membuatnya sehingga mudah didapatkan di pasaran.

Baca juga : Karakteristik Bahan Jersey yang Bagus di Gunakan

Kekurangan Bahan Wolfis yang Perlu Kamu Tahu

Meskipun memiliki banyak sekali kelebihan namun bahan Wolfis tetap memiliki kekurangan yang harus Anda ketahui. Berikut ini adalah kekurangan yang dimiliki :

Kekurangan Bahan Wolfis

  • Tingkat kualitas

Ada beberapa orang yang beranggapan bahwa kualitas dari Wolfis masih di bawah bahan lain seperti katun. Penilaian tersebut muncul karena sensitifitas setiap orang ketika meraba kain berbeda sehingga anggapan yang diberikan juga berbeda.

Selain itu tingkat kualitas dari produsen satu dengan produsen lainnya juga bisa berbeda meskipun jenis dan warnanya sama.

  • Terlalu banyak pilihan warna

Terlalu banyak pilihan warna ternyata juga menjadi salah satu kekurangan kain Wolfis karena meskipun nama warnanya sama tapi bisa jadi warnanya berbeda jika membeli dari penjual lain.

Sehingga Anda perlu memperhatikan dengan benar kebutuhan kain jangan sampai kekurangan bahan karena jika membeli di tempat berbeda bisa saja warnanya tidak akan sama.

  • Tingkat ketebalan

Memiliki tingkat ketebalan yang berbeda mulai dari yang tebal hingga agak tipis sehingga Anda harus jeli ketika membelinya. Jangan sampai mendapatkan tingkat ketebalan yang tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Itulah informasi mengenai bahan Wolfis berupa ciri-ciri, jenis, kelebihan, maupun kekurangan yang dimiliki. Semoga informasi tersebut dapat membantu Anda yang sedang mencari jenis kain yang bagus untuk membuat busana muslimah atau gamis.

Leave a Reply