Kelebihan, Kekurangan dan Ciri Bahan monalisa

Berbagai jenis kain yang digunakan untuk fashion saat ini semakin banyak jenisnya, baik yang terbuat dari bahan sintesis maupun non sintesis. Berbagai macam jenis bahan kain  saat ini memiliki peminat yang banyak.  Kain monalisa merupakan jenis bahan kain yang sudah banyak dikenal karena tekstur kainnya yang halus dan lembut. Hal ini menjadikan bahan monalisa  banyak digunakan sebagai bahan kerudung maupun busana syar’i lainnya.

Penggunaannya sebagai bahan dasar pakaian muslimah syari ini juga didasarkan pada jenis kainnya yang dipilin dengan benang yang sangat rapat sehingga tidak transparan. Para desainer pun banyak menggunakan bahan yang satu ini untuk membuat berbagai desain bajunya. Sebagai informasi berikut akan dijelaskan mengenai kelebihan , kekurangan, serta ciri-ciri dari bahan monalisa.

Keunggulan dan Kelebihan Kain Monalisa

Kelebihan Kain Monalisa

  1. Bahan Kain Tidak Luntur

Jenis kain yang satu ini memiliki kualitas yang baik karena warnanya tidak akan luntur ketika dicuci. Oleh karena itu, pakaian yang menggunakan bahan dari kain monalisa akan tetap terasa baru walaupun sudah lama dipakai karena warnanya yang tidak kusam dan pudar.

Jika anda dapat merawat kain ini dengan baik, maka kualitas kain ini dapat dipertahankan hingga bertahun-tahun.

  1. Bahan Kain yang Adem

Tinggal di negara tropis yang cenderung panas menyebabkan banyak orang yang memilih pakaian yang memiliki sifat adem dan dapat menyerap keringat. Apalagi bagi para muslimah yang menggunakan pakaian syar’i. Dengan menggunakan kain yang berbahan adem, tentunya hal tersebut akan menambah kenyamanan selama beraktivitas.

Bahan monalisa merupakan salah satu jenis bahan kain yang memiliki sifat adem sehingga sangat nyaman untuk digunakan, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Bahannya juga sangat ringan dan sifatnya jatuh sehingga tidak akan mengganggu aktivitas sehari-hari.

  1. Serat Benang Sangat Rapat

Seperti yang sudah dijelaskan diawal bahwa kain ini memiliki serat-serat benang yang sangat rapat. Serat benang yang rapat ini akan menjadikan kain menjadi tidak transparan dan terlihat sangat halus dan juga mengkilap.

Oleh karena itu bagi para muslimah, menggunakan pakaian dengan jenis kain monalisa sangat direkomendasikan karena tidak akan menampakkan aurat.

Baca juga : Kenali Karakter Bahan Jersey yang Bagus Di Gunakan

  1. Jenis Kain Tidak Terlalu Tebal

Bahan monalisa memiliki jenis kain yang tidak terlalu tipis dan juga tidak terlalu tebal. Jenis ini tentu sangat cocok bagi muslimah karena mereka tidak perlu lagi menggunakan furing untuk melapisi kain yang tipis. Kain yang terlalu berat juga akan memberatkan dan membuat aktivitas menjadi tidak nyaman.

Dengan menggunakan jenis kain ini maka para muslimah dapat melakukan aktivitas harianya dengan sangat nyaman tanpa perlu lagi menggunakan furing yang sangat gerah dan tidak nyaman.

  1. Nyaman Digunakan

Kain monalisa merupakan salah satu jenis kain yang memiliki variasi motif yang bisa dipilih serta jenis kainnya yang sangat lembut. Hal inilah yang menjadikan banyak muslimah yang akhirnya tertarik untuk memilih jenis kain yang satu ini sebagai bahan utama pakaian mereka.

Kain yang satu ini juga bisa digunakan untuk pakaian-pakaian formal dan juga pakaian tambahan pada acara-acara santai.

Kekurangan Bahan Monalisa

Walaupun bahan monalisa memiliki banyak keunggulan, disisi lain jenis kain yang satu ini juga memiliki kekurangan yang harus Anda perhatikan.

Kekurangan Bahan Monalisa

Jika Anda melakukan perawatan kain dengan baik, maka kekurangan ini dapat diantisipasi. Berikut adalah beberapa kekurangan pada kain monalisa.

  1. Tidak Tahan Panas

Sifat dari kain yang satu ini adalah sifatnya yang tidak tahan panas. Oleh karena itu, ketika akan mencucinya, Anda harus menggunakan air dingin agar bahannya tidak rusak.

Hal ini juga perlu diperhatikan ketika akan menyetrika kain monalisa. Anda harus melapisi kain ini dengan lapisan kain tambahan di atasnya ketika akan menyetrika supaya panas yang dihasilkan tidak langsung mengenai kain.

  1. Motifnya yang Standar di Pasaran

Walaupun bahan monalisa memiliki motif yang menarik dengan variasi warna yang beragam, namun beberapa jenis motifnya  sudah banyak beredar di pasaran dan digunakan oleh jenis kain yang lain.

Oleh karena itu, agar kain monalisa tidak terlihat pasaran, Anda harus pintar dalam memadupadankan warna-warna kain monalisa untuk jenis pakaian Anda.

Cara Merawat Kain Monalisa

Cara Merawat Kain Monalisa

Karena jenis kainnya yang tidak tahan panas, maka Anda harus hati-hati dalam merawat jenis kain yang satu ini. Perawatan yang tepat penting agar kain monalisa tetap tahan lama dan awet hingga bertahun-tahun penggunaan. Berikut adalah beberapa langkah cara perawatan bahan monalisa yang bisa Anda praktekkan di rumah.

Langkah pertama yaitu rendam kain dengan menggunakan detergen secukupnya agar kain tidak rusak, setelah itu kucek kain perlahan dan jangan direndam terlalu lama. Perendaman kain yang terlalu lama akan merusak kondisi  kain.

Setelah kain dicuci, langkah selanjutnya yaitu angin-anginkan kain di tempat yang teduh dan jangan jemur langsung di bawah sinar matahari. Hal ini harus diperhatikan karena kain monalisa tidak tahan terhadap sinar matahari.

Contoh Motif Bahan Monalisa

Motif bahan monalisa memiliki jenis yang beragam. Motif motif kain ini juga dapat menggunakan contoh template. Berikut  adalah beberapa jenis motif template kain monalisa yang bisa dipilih.

  1. Motif Kembang Pelangi

Bahan Monalisa Motif Kembang Pelangi

Motif pelangi merupakan salah satu jenis kain monalisa yang memiliki warna lembut dengan padu padan warna motif. Motif yang satu ini sangat cocok digunakan untuk digunakan sebagai scarft tambahan kemeja putih.

  1. Motif Geometris

Motif geometris merupakan salah satu motif monalisa yang sangat modern dan juga cantik terutama jika digunakan sebagai bahan  jilbab. Dengan menggunakan jilbab motif ini, maka kesan yang didapat sopan dan juga tidak terlalu formal.

  1. Motif Army

Kain Monalisa Motif Army

Salah satu desain kain monalisa yang unik adalah desain army. Motif army ini bisa digunakan sebagai bahan kain kerudung bagi kamu yang ingin menampilkan sisi energik di dalam diri.

Namun yang harus diperhatikan agar kesan tidak tampak kesan norak ketika memakai motif ini, Anda harus memilih warna-warna yang lembut.

Perbedaan Bahan Monalisa dengan Wolfis

Sekilas bahan monalisa memiliki ciri-ciri yang sama dengan bahan wolfis. Hal ini dikarenakan bahan utama monalisa dan wolfis sama –sama menggunakan campuran dari polyester, katun, dan juga sutera.

Kain Bahan Monalisa

Namun di pasaran kain monalisa dibagi kedalam jenis kain sendiri dan dipisahkan dari wolfis. Yang menjadi perbedaan dari kedua jenis kain ini hanyalah dari kualitas bahan yang dihadirkannya saja.

Untuk harga kain, kain monalisa dibanderol dengan kisaran harga Rp 14.000 hingga Rp 20.000 tergantung dari kualitas yang diberikan. Untuk pembelian rata-rata biasanya dilakukan untuk minimal pembelian 2 m.

Demikianlah penjelasan mengenai seluk beluk bahan monalisa, mulai dari keunggulan, kekurangan, cara perawatan, motif-motif, hingga jenis harga. Semoga dapat menjadi wawasan dan juga informasi tambahan bagi Anda yang bingung memilih jenis kain yang nyaman dan berkualitas.

Leave a Reply