11 Macam Bahan Jersey Beserta Kelebihannya | Harga Terjangkau

Bahan jersey adalah salah satu bahan tekstil yang paling banyak digunakan untuk membuat pakaian. Kain yang pada awalnya berasal dari Eropa tersebut memiliki tekstur yang lentur.

Ketika menggunakannya bahan tersebut bisa merenggang sampai 25% dari aslinya. Karena tingkat keelastisannya yang baik maka tak heran jika kain tersebut cenderung menempel di tubuh penggunanya.

Karakter yang menempel di badan tersebut kemudian dimanfaatkan untuk membuat gaun dan sejenisnya. Bahan tersebut berasal dari bahan tekstil rajutan yang berasal dari campuran kain sintetis. Kain tersebut memiliki variasi yang cukup banyak.

Di Indonesia sendiri bahan tersebut kerap disebut dengan sebutan kain spandek. Berikut ini adalah beberapa jenis bahan jersey yang kerap dimanfaatkan dengan baik.

Macam-macam Bahan Jersey yang Perlu Anda Tahu

Bahan Jersey memang dikenal sebagai salah satu kain yang memiliki banyak jenis atau macamnya, Nah, berikut ini ada 11 macam bahan jersey yang banyak di temui di pasaran yang perlu Anda ketahui.

  • Jersey Balon

Jenis pertama adalah kain jersey balon. Bahan tersebut memiliki nama lain spandek jersey, spandek balon, spandek zoya, dan masih banyak lagi. Kain jenis ini terbilang banyak disukai banyak orang.

Hal itu dikarenakan teksturnya yang lebih ringan dibanding yang lain. Selain itu harganya juga lebih murah dari jenis lain.

  • Jersey Stella

Jersey Stella Polos

Jenis kedua adalah jersey stella. Bahan tersebut memiliki nama lain jersey super. Sesuai dengan namanya, kualitasnya juga sangat baik. Bahkan banyak yang mengatakan jika bahan ini berkualitas lebih tinggi daripada jersey balon ataupun jersey ity. Harganya juga sudah pasti lebih mahal dari jenis lain.

Kain yang satu ini memiliki tekstur yang lembut ketika disentuh. Kain tersebut kerap diburu bagi mereka yang akan membuat pakaian premium seperti misalnya pakaian yang akan dijual di butik.

  • Jersey Rayon

Jenis ketiga adalah jersey rayon. Bahan tersebut memiliki nama lain spandek rayon. Bahan tersebut juga menjadi buruan produsen karena kegunaannya.

Kain ini kerap dipakai untuk bahan dasar pembuatan gamis di pasaran. Hal itu dikarenakan sifat dari bahan jersey ini sendiri yakni lentur, lembut, serta dapat menyerap keringat dengan baik.

  • Jersey Ity

Jenis keempat adalah jersey ity. Bahan tersebut memiliki nama lain spandek ity ataupun jersey etiway. Dibandingkan spandek jersey, bahan jersey yang satu ini terasa lebih berat. Akan tetapi ketika disentuh, bahan ini terasa lebih lembut.

  • Jersey Crepe

Jenis kelima adalah jersey crepe. Bahan tersebut memiliki nama lain spandek crepe. Untuk teksturnya, bahan tersebut memiliki tekstur yang mirip dengan jeruk. Tekstur unik inilah yang membuat bahan jersey memiliki daya jual yang membuat banyak orang tertarik.

Baca juga : Jenis Bahan Kain Crepe, Kelebihan dan Kekurangannya

  • Jenis Dri-fit

Bahan Jenis Dri-fit

Jenis keenam adalah bahan drifit. Bahan tersebut terbuat dari serat kain polyester, katun, dan juga nilon. Kelebihan kain tersebut antara lain adem dan juga ringan. Untuk bahan yang satu ini pilihan warnanya terbilang bervariasi.

Terdapat warna dongker, hitam, cokelat, abu-abu tua, bahkan warna terang. Yang menarik lagi dari kain ini adalah sifatnya yang mudah dicuci dan juga mudah kering. Saat digunakan maka kain tersebut bisa menyerap keringat dengan bagus.

  • Jenis Serena

Jenis Serena

Jenis ketujuh adalah bahan serena. Bahan jersey tersebut mempunyai tekstur yang lembut, rata, serta halus. Karena tekstur tersebutlah maka tak heran jika banyak kaos jersey fit body yang menggunakan bahan serena.

Ketika dibentuk menjadi sebuah kaos bola yang fit body, maka otot penggunanya akan tercetak dengan jelas. Selain itu bahan serena juga elastis dan tidak gampang gerah saat dikenakan.

Sebenarnya terdapat bahan lain yang sejenis dengan bahan serena, yakni kain serena salur. Teksturnya memang serupa, akan tetapi serena salur mempunyai tekstur bergaris.

  • Jenis Paragon

Jenis Paragon

Jenis kedelapan adalah bahan paragon. Dari sekian banyak bahan yang ada, paragon inilah yang paling banyak dipakai untuk membuat kaos basket. Kain yang satu ini cenderung berbeda dari yang lain karena sifatnya yang tidak elastis.

Selain itu ketika digunakan kain ini juga lebih hangat. Itu sebabnya untuk pembuatan jersey fit body, bahan ini tidak dianjurkan. Namun jika Anda ingin membuat kaos dengan model longgar maka pilihan ini cocok. Dari segi harga, bahan paragon terbilang ekonomis. Menggunakan bahan ini bisa menghemat biaya produksi dengan baik.

  • Hyget

Jenis kesembilan adalah hyget. Bahan yang satu ini memiliki permukaan yang berpori. Dengan adanya pori-pori tersebut maka sirkulasi udaranya bisa jadi lebih baik. Itu sebabnya pengguna yang mengenakan pakaian berbahan ini tak akan merasa panas.

Kain ini dibagi menjadi dua jenis yakni hyget serena dan hyget salur. Perbedaan keduanya terletak di pola kainnya. Untuk hyget salur sendiri karakteristiknya yakni berpola garis lurus dengan susunan yang rapih.

  • Jenis Waffler

Jenis Waffler

Jenis kesepuluh adalah waffler. Yang menarik dari bahan ini adalah permukaannya yang mirip dengan waffer. Itu sebabnya bahan itu dinamakan bahan waffer. Jenis tersebut juga mempunyai pori-pori dengan bentuk kotak.

Teksturnya yaitu lembut dan adem karena adanya pori-pori yang membuat sirkulasi udaranya menjadi baik. Bahan jersey tersebut juga kerap dipakai untuk membuat kaos jersey.

  • Jersey High Twist

Jenis kesebelas adalah jersey high twist. Bahan tersebut berasal dari campuran polyester. Rajutan kain tersebut rapat dan terlihat mengkilap. Selain itu variasinya juga banyak. Akan tetapi bahan tersebut terbilang sedikit panas.

Bahan ini dibagi menjadi dua jenis yakni jersey high twist tenun yang sifatnya tidak melar, dan jersey high twist jenis kaos yang bisa melar. Untuk harga, jersey high twist ini terbilang terjangkau.

Kelebihan Bahan Jersey Di Banding yang Lain

Kelebihan bahan jersey

Selain memahami jenis-jenis dari kain jersey, perlu juga mengetahui apa saja keunggulan dari kain tersebut. Adapun berikut ini adalah keunggulan dari menggunakan bahan jersey :

  • Ketebalan kainnya bervariasi. Jadi Anda bisa menyesuaikannya dengan keinginan dan kebutuhan sebelum menentukan pilihannya.
  • Perawatannya tidak sulit. Untuk Anda yang memiliki pakaian berbahan jersey, cara mengeringkannya tidak perlu diletakkan di bawah matahari langsung karena kain tersebut akan cepat keringnya. Selain itu bagi Anda yang mempunyai gamis dengan bahan ini maka tak perlu disetrika karena bahannya tidak gampang kusut.
  • Bahan tersebut lebih nyaman saat digunakan. Ketika dipakai maka badan Anda tidak akan terlihat menggembung atau gemuk.
  • Variasi warnanya beragam. Cukup sesuaikan dengan yang dicari saja.
  • Harganya beragam. semua harga akan disesuaikan dengan kualitas, ketebalan, dan jenis kain yang dipilih.

Seperti yang telah disinggung di atas, perawatan bahan jersey tidaklah sulit. Sebenarnya untuk tiap kain maka berbeda pula perawatannya. Pada dasarnya jika Anda ingin mencucinya maka gunakanlah cara mencuci manual memakai tangan dibandingkan menggunakan mesin cuci.

Selain itu akan lebih aman jika Anda tidak merendamnya lama, terlebih jika detergen yang digunakan sifatnya keras.

Apabila dijaga dengan baik maka bahan jersey tersebut akan selalu awet serta tahan lama selama beberapa tahun. Warnanya juga tidak mudah luntur. Jadi pastikan untuk merawatnya dengan baik supaya hasil yang didapat juga lebih maksimal. Demikian penjelasan mengenai jenis-jenis dari kain jersey beserta keunggulan jika menggunakan bahan tersebut.

Leave a Reply