Karakteristik dan Jenis Bahan Crepe yang Banyak Digunakan

Bahan crepe menjadi andalan dan memiliki banyak peminat terutama bagi kalangan perempuan pada umumnya. Bahan ini memiliki daya tariknya tersendiri karena sangat unik, lembut, tidak kaku, fleksible dan juga mudah untuk dilakukan perawatan.

Yang menjadi ciri khas bahan ini adalah permukaan bahan yang agak menonjol dan terasa seperti kerikil. Bahan ini cukup tebal dan tidak akan menerawang jika dipakai. Hal tersebutlah yang membuat bahan ini menjadi unggulan untuk dijadikan pakaian.

Meskipun memiliki bahan yang tebal namun bahan crepe ini tidak akan membuat gerak atau terlihat menumpuk. Teksturnya yang lembut membuat jenis bahan ini akan jatuh ketika dipakai sehingga dapat menunjang penampilan Anda.

Karena cukup berkualitas dan memiliki berbagai keunggulan, pakaian dengan menggunakan bahan dasar ini akan dibandrol dengan harga yang cukup tinggi. Semakin tebal dan lembutnya bahan ini akan semakin memiliki nilai jual yang tinggi pula.

Pembuatan bahan crepe ini memiliki proses yang cukup sulit dan juga ketat. Untuk dapat menghasilkan crepe yang berkualitas maka bahan harus ditenun dengan kerapan yang sangat ketat. Dalam pembuatannya proses pemutaran benang tidak menentukan pola tertentu yang mana dibentuk dengan pola yang tidak beraturan.

Proses pembuatannya pun cukup memakan waktu yang lama karena proses tenun harus dilakukan berulang untuk menghasilkan bahan yang tebal.

Jenis dan Karakteristik Bahan Crepe

Terdapat berbagai jenis bahan crepe yang beredar di pasaran. Anda haruslah mengetahui dengan jelas mengenai perbedaan jenis crepe untuk dapat memilih dengan tepat bahan yang sesuai dengan kebutuhan.

Crepe sering dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan pakaian karena memiliki rasa lembut yang mana tidak sulit untuk dicuci atau disetrika. Selain itu bahan ini banyak disukai oleh orang pada umumnya karena bisa menyerap keringat dengan baik. Berikut akan dijabarkan beberapa jenis crepe yang bisa Anda jadikan sebagai acuan informasi.

  • Crepe de Chine

Bahan Crepe de Chine

Jenis bahan crepedechine ini merupakan bahan yang dihasilkan dari proses perpaduan crepe dengan sutra. Namun, warna yang dihasilkan bahan ini tidak akan mengkilat dan memiliki warna yang lebih pekat.

Jenis bahan yang satu ini akan cocok digunakan untuk menghasilkan gaun pesta yang menawan dan elegan. Tekstur bahan yang lembut membuat perpaduan sutra ini sangat elegan untuk dilihat dan mampu menunjang penampilan Anda.

Namun, sayangnya kain crepedechine ini memiliki harga yang cukup tinggi sehingga biasanya digunakan oleh masyarakat tertentu saja. Jenis kain ini hanya cocok digunakan pada ruangan tertutup dan tidak terpapar sinar matahari langsung.

Tekstur kainnya akan cenderung lebih ringan jika dibandingkan dengan jenis crepe yang lainnya namun tetap memiliki butiran pada bagian permukaan. Untuk perawatannya, jenis kain ini harus dilakukan secara hati-hati. Jangan menyikat terlalu keras atau menjemurnya di bawah matahari langsung karena dapat merusak tekstur dan warna bahan.

  • Bubble Crepe

Bubble crepe

Bahan crepe yang satu ini mungkin sangat banyak ditemukan sebagai bahan pakaian. Bahan kain yang lembut membuat jenis kain ini memiliki banyak peminatnya. Kain ini memiliki karakteristik yang ringan namun memiliki bahan yang cukup tebal. Sehingga ketika terkena sinar matahari maka tidak memperlihatkan pakaian dalam. Warna bahan ini bisa dikatakan pada tingkat medium sehingga tidak mengkilat ataupun tidak buram.

Bahan jenis ini sangat populer dikalangan masyarakat karena tidak mudah kusut dan mudah disetrika. Selain itu pakaian dengan jenis bahan ini tidak membutuhkan perawatan khusus. Bahan bubblecrepe juga dipadupadankan dengan bahan spandex dan polyester sehingga bisa menghasilkan pakaian yang lentur dan cukup fleksible untuk dikenakan.

Sama seperti bahan kain crepe yang lainnya, jenis ini juga memiliki tekstur permukaan yang seperti kulit jeruk dan memiliki gelembung kecil pada permukaan. Bahan ini sangat cocok digunakan sebagai dasar pakaian apapun seperi blouse, dress, tunik dan lain sebagainya.

  • Crepe Marocain

Crepe Marocain

Jenis bahan crepe marocain merupakan bahan crepe yang berbeda dengan jenis yang lainnya. Karena bahan ini memiliki masa yang tebal dan terasa berat.

Bahan dasarnya biasanya terbuat dari sutra namun terkadang dicampurkan dengan bahan wool atau rayon sehingga bahan yang dihasilkan lebih tebal. Kain crepe jenis ini akan menghasilkan karakter yang bergelombang dan membentuk tekstur garis-garis.

Bahan ini biasanya akan dipergunakan untuk pembuatan setelah jas dan juga bahan dress wanita yang elegan dan indah.

Bahan crepe yang satu ini juga bisa dijadikan sebagai bahan pembuatan kerudung karena lembut, mudah dibentuk dan adem ketika dikenakan. Selain itu bahan ini juga cukup elastis dan bisa membuat bentuk kerudung beraneka ragam dan menarik untuk dikreasikan.

  • Wool Crepe

Wool Crepe

Jenis bahan crepewool memiliki tekstur yang hangat dan biasanya akan digunakan untuk baju penghangat. Proses pembuatan kain ini pun cukup singat dan tidak membutuhkan proses yang rumit. Proses tenun akan dilakukan dari bahan crepe polos yang memiliki serat wool dari bahan dasar hewan seperti angora, kelinci ataupun cashmier. Kain ini sangat cocok digunakan untuk membuat pakaian yang dipakai pada saat musim dingin.

Jenis crepewool memiliki tekstur yang tebal dan bisa dikatakan tahan terhadap air. Sehingga ketika terkena air, bahan ini tidak akan langsung basah. Hal tersebut memungkinkan bahan ini sangat cocok digunakan pada suhu dingin atau keadaan hujan. Bahan ini juga mampu menahan api yang mana ketika terpapar sinar matahari atau panasnya api maka Anda tidak akan langsung merasakan panasnya karena telah dihalangi oleh bahan crepe ini.

  • Crepe Georgette

Crepe Georgette

Jenis bahan crepe yang satu ini hanya digunakan untuk membuat pakaian tertentu saja. Karena bahannya yang cukup tipis dan sedikit menerawang mengakibatkan bahan ini hanya cocok untuk beberapa kondisi tertentu saja.

Kain ini memiliki warna yang tidak mengkilat dan juga akan terasa lembut dan lentur. Jika dikenakan bahan ini akan menyatu dengan kulit Anda sehingga akan memberikan efek dingin dan nyaman untuk dikenakan.

Kain ini biasanya digunakan untuk membuat dalam atau atasan saja. Jika dilihat secara sepintas mungkin orang akan mengiranya bahan sifon karena memang cukup menerawang.

Namun ketika dipegang maka Anda bisa melihat bahwa itu merupakan crepegeorgette. Perpaduan kain crepe dengan sifon yang satu ini akan menghasilkan pakaian yang jatuh dan tidak mudah lecek ketika digunakan. Bahan inu juga sangat lentur dan mengikuti bentuk tubuh pengguna.

Itulah jenis-jenis bahan crepe yang harus bisa Anda bedakan. Memilih bahan yang sesuai dengan kebutuhan merupakan keharusan agar Anda bisa lebih nyaman. Crepe memiliki tekstur bahan yang lembut dan sangat nyaman untuk dikenakan setiap hari. Kain jenis ini memiliki bahan yang adem sehingga menangkap hawa panas yang terdapat di luar. Selain itu, kain ini cukup elastis dan cocok digunakan untuk berbagai kegiatan.

Leave a Reply